Ekonomi

ICA dan TRC PLN Kolaborasi Suplai Makanan ke Daerah Bencana

Redaktur: Ali Rahman
ICA dan TRC PLN Kolaborasi Suplai Makanan ke Daerah Bencana - Ekonomi

ilustrasi bencana banjir di Indonesia

indopos.co.id - Indonesian Chef Association (ICA) dan Tim Reaksi Cepat (TRC) PLN terus berkolaborasi untuk menyuplai makanan ke daerah-daerah bencana. Sebab, kerap kali kebutuhan makanan yang merupakan aspek penting ini terabaikan.

"Ini penting, karena para relawan kerap kali bekerja tak kenal lelah dan tak ingat waktu. Pada titik itu tentu mereka rentan mengalami kelelahan berat. Untuk menghindari agar tidak sakit, tentu mereka membutuhkan gizi seimbang," ujar Shanty Dewi Nurhayani, anggota Indonesian Chef Association (ICA) sekaligus pengusaha katering dengan nama Pawon Basadjan yang berlokasi di Garut, Jawa Barat, dalam keterangannya, Selasa (28/5/2019).

Dalam hal penanganan bencana, TRC PLN benar-benar menginginkan makanan bernutrisi lengkap dan dengan rasa yang sesuai dengan cita rasa lokal daerah tersebut. Ini membuatnya kagum dengan komitmen TRC PLN yang sepenuh hati.

Aspek nutrisi wajib terpenuhi di setiap sajian TRC PLN. Dalam sepaket nasi bungkus atau nasi kotak TRC PLN, wajib terdiri dari tiga unsur, karbohidrat, sayuran dan protein. Jadi dalam satu paket sajian TRC PLN harus ada nasi, sayur, ayam atau daging dan tahu atau tempe.

Dengan standar itu, tak heran saat bencana di Garut lalu, yang notabene pertama kalinya TRC PLN membuka dapur umum, kontan didapuk jadi dapur umum percontohan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dapur umum TRC juga kerap menjadi rujukan kala pejabat pemerintah daerah dan pusat mendatangi lokasi bencana.

Untuk ke depannya, Dewi menyarankan, agar TRC PLN menyiapkan food truck untuk menampung alat masak yang akan digunakan di dapur umum. Sebab, peralatan masak yang dibutuhkan untuk membuat ribuan porsi makanan, tidak sama dengan proses produksi memasak seperti yang biasa dilakukan. (mdo)

 

TAGS

pln

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.