Bola Dunia

Final Liga Europa Pertemuan Chelsea vs Arsenal, dan Perpisahan Bagi Pemainnya

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Final Liga Europa Pertemuan Chelsea vs Arsenal, dan Perpisahan Bagi Pemainnya - Bola Dunia

Striker Arsenal Alexandre Lacazette. Foto: Olly Greenwood / AFP

indopos.co.id - Kiper Arsenal Petr Cech jauh-jauh hari sudah mengumumkan final Liga Europa musim ini akan menjadi laga pamungkasnya. Dan Selasa (28/5/2019) playmaker Chelsea Eden Hazard membuat keputusan mengejutkan dengan memberikan isyarat hengkang ke Real Madrid. Maka final Liga Europa dini hari nanti (30/5) di Stadion Olympic menjadi ajang habis-habisan serta pembuktian bagi Cech serta Hazard (siaran langsung RCTI pukul 02.00 WIB).

Dalam wawancara dengan Evening Standard kemarin Cech bersyukur untuk dua dekade karir profesionalnya yang lengkap. Semua gelar domestik sudah dimenangkan. Level Eropa pun sudah didapatkannya.   “Terlepas apa pun kabar yang menyertai saya dalam beberapa waktu belakangan ini, saya akan memutuskan pasca-final Liga Europa. Saya ingin fokus lebih dahulu menjelang final kali ini,” ucap kiper 37 tahun tersebut.

ESPN menulis lawan Arsenal di final Liga Europa ini yakni Chelsea menawari posisi Direktur Olahraga kepada Cech setelah pensiun. Sebelum bergabung dengan Arsenal empat tahun lalu, Cech menjaga gawang Chelsea dalam waktu yang cukup lama (2004-2015).  ESPN kemudian mengutip pendapat fans The Gunners jika isu soal tawaran pekerjaan setelah pensiun oleh Chelsea ini merupakan bagian dari pelemahan kekuatan jelang final.  

Nah, eks kiper Arsenal David Seaman kepada Sky Sports mengatakan Cech akan menjadi benteng tangguh sekaligus senjata terbaik Arsenal membendung Chelsea. Selain motivasi mencari gelar sebagai penutup karir statistik final Cech luar biasa.

Sepanjang dua dekade karirnya, laga dini hari nanti merupakan final ke-13 buat Cech. Dari 12 final sebelumnya hanya tiga diantaranya yang berujung kekalahan. Yakni final Piala Liga 2007-2008, final Liga Champions 2007-2008, dan final Piala Dunia Antarklub 2012. Kalau dipersentase maka kesuksesan Cech meraih juara jika tampil di final mencapai 75 persen.

“Petr (Cech) adalah seorang profesional. Djika dia bermain maka saya tak akan khawatir kalau Arsenal bakal memenangi trofi Liga Europa pertamanya,” kata Seaman. Mengenai rumor Cech yang akan bergabung dengan Direktur Olahraga Chelsea selepas final, Seaman meragukannya. “Kabar itu belum terkonfirmasi,” tambah mantan kiper Arsenal periode 1990-2003 tersebut.

Mantan deputi Cech yang kini jadi pundit Carlo Cudicini kemudian membeber statistik clean sheets Cech yang luar biasa di ajang kompetisi Inggris khususnya Premier League. Hanya eks kiper Liverpool Pepe Reina yang punya persentase clean sheets lebih bagus. Persentase clean sheets Reina mencapai 47 persen sedang Cech 45,6 persen.

“Tapi jangan lupa Cech juga mengungguli Reina dalam hal jumlah clean sheets sepanjang karir di Premier League. Cech melakukan 202 kali clean sheets sementara Reina cuma 134 kali,” ucap Cudicini.

Cech jelang pensiunnya memberikan kritik untuk internal Arsenal. Salah satu alasan mengapa Arsenal tak bisa berprestasi di level Eropa karena tidak adanya tekanan yang besar direksi kepada mereka. Hanya fans yang terus menuntut mereka meraih trofi setiap musimnya.

 “Mungkin terdengar aneh akan tetapi seperti inilah situasi yang saya hadapi dalam empat musim belakangan. Kalah, seri, atau menang maka Arsene (Wenger, eks pelatih Arsenal, red.) menghadapinya dengan sikap jantan,” ujar Cech. “Kalau di Chelsea, bahkan hasil seri pun bisa membuat ruang ganti demikian sepi dan sesunyi upacara pemakaman,” tambag kiper timnas Rep. Ceko tersebut.

Sementara itu, Hazard dalam prematch press conference mengatakan tidak ada titik temu untuk pembicaraan kontrak baru antara dirinya dengan pihak klub. Hazard sampai kemarin belum juga menanda tangani kontrak baru dengan Chelsea. Ikatan kerjanya dengan Chelsea habis pada Juni 2020 mendatang.

“Setelah final kita akan melihat apa yang akan terjadi dengan masa depan saya. Kalaupun bermain di klub lain di Premier League ini saya tak akan bersedia karena darah saya biru (warna kebesaran Chelsea, red.),” jelas Hazard. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Antoine Griezmann Tak Sabar Merumput Lagi

Bola Dunia / Bayern Munchen Tunggu Servis Duo French

Bola Dunia / Kutukan Nomor Punggung 9 di Chelsea dan Lazio

Bola Dunia / Frank Lampard Resmi Melatih Chelsea

Bola Dunia / Lampard Sedikit Lagi Latih Chelsea

Bola Dunia / Tinggalkan Chelsea, Sarri Latih Juventus


Baca Juga !.