Nasional

Kemenhub Berangkatkan Pemudik Sepeda Motor Gratis ke Semarang

Redaktur: Ali Rahman
Kemenhub Berangkatkan Pemudik Sepeda Motor Gratis ke Semarang - Nasional

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi : Tujuan progam mudik motor gratis mencegah masyarakat mudik jarak jauh menggunakan motor. Foto deri

indopos.co.id - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, Sabtu (1/6/2019) melepas peserta mudik gratis pengguna sepeda motor di Dermaga ex. Presiden Tanjung Priok, Jakarta Utara. Para pemudik tersebut diberangkatkan dengan kapal penyeberangan (Ro-Ro) tujuan Jakarta-Semarang, Jawa Tengah. Selain ke Semarang, tujuan mudik gratis pengguna sepeda motor yakni Jakarta-Lampung.

"Adanya mudik gratis bukti pemerintah hadir untuk masyarakat. Kita menyiapkan bus dan kapal (dirjen laut). Ke Semarang kita siapkan dua kapal. Yang pertama ini kuotanya 1.000 orang dan 500 sepeda motor, sudah terisi 100 persen. Yang kedua sudah lebih 85 persen," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub Budi Setiyadi, Sabtu (1/6/2019).

Menurutnya adanya program mudik gratis, pemerintah ingin betul-betul mencegah masyarakat yang mudik jarak jauh menggunakan motor. Pemerintah juga tidak merekomendasikan mudik menggunakan motor. Sebab rawan kecelakaan.

"Kita siapkan moda transportasi massal. Kita juga tingkatkan layanan di moda transportasi. Terminal bus akan dibangun seperti bandara, dianggarkan Rp 500 miliar. Kalau fasilitas sudah bagus, nanti pemudik beralih dari motor ke bus," pungkasnya. (dai)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Ini Tanggapan Aplikator Soal Penerapan Tarif Baru Ojek Online

Nasional / Kemenhub Tutup Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019

Ekonomi / BNI Fasilitasi PMI Mudik dari 5 Negara

Headline / BMKG Minta Pemudik Waspada Potensi Cuaca Buruk

Nasional / 600 Pemudik Diberangkatkan Secara Gratis


Baca Juga !.