Ini Alasan Warga Mudik di H-1

indopos.co.id – Satu hari menjelang Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah sejumlah penumpang bus mayoritas berasal dari Pulau Jawa, masih meramaikan arus mudik di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2019). “Saya pulang ke Garut. Jarak Garut tidak terlalu jauh dari Jakarta, maka saya memilih mudik satu hari sebelum Lebaran agar tidak terlalu lama di jalan karena macet,” kata pemudik bernama Imas yang datang ke terminal bersama anaknya berusia 10 tahun.

Menurut Imas, tahun ini adalah tahun ketiganya pulang kampung ke Garut selama bekerja sebagai pegawai di sebuah minimarket. “Tahun lalu seingat saya hampir sama, saya pulang satu atau dua hari sebelum Lebaran. Saya suka naik bus karena langsung datang ke terminal, membeli karcis di loket-loket yang tersedia, banyak pilihan armadanya. Sebenarnya saya ingin sesekali naik kereta, tapi selalu kehabisan tiket karena kalah cepat saat memesan secara daring,” ujar Imas, saat ditanya alasan pemilihan moda transportasi bus.

Hal senada diungkapkan Zainul yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Ia juga menyukai perjalanan menggunakan bus karena sensasi singgah di beberapa tempat istirahat yang menurutnya sangat Indonesia. “Seru ya kalau perjalanan darat dengan bus karena ada momen beristirahat di kota-kota tertentu. Biasanya saya suka ‘ngobrol’ dengan orang-orang yang satu tujuan atau beda tujuan dari bus yang lain. Menyenangkan,” kata dia.

Sedangkan Hamdan memilih pulang ke Ciamis pada H-1 lantaran baru mendapat cuti kerja di saat-saat terakhir bekerja di layanan ekspedisi barang. “Alhamdulillah mendapat jatah liburan tiga hari. Insya Allah masih sempat bersilaturahmi dengan keluarga di kampung saat Shalat Idul Fitri esok,” ujar Hamdan. (ant)

Komentar telah ditutup.