Ekonomi

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3 Persen di Lebaran 1440 H

Redaktur: Heryanto
Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3 Persen di Lebaran 1440 H - Ekonomi

Dirut Telkom (pakai rompi biru) ditemani jajaran Direksi Telkom Group (Telkomsel) saat melakukan pengecekan di posko Ramadan dan Idul Fitri  2019 guna memantau pergerekan dan lonjaka trafik komunikasi pelanggan Telkomsel guna pada momen mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Foto: Telkomsel for INDOPOS 

indopos.co.id - Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran tahun ini menjadi 19,30 Petabyte atau meningkat 12.3 persen jika dibanding trafik layanan data hari normal. 

Jika dibanding periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini pun mengalami kenaikan juga sekitar 49,8 persen. Atau rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00:00 hingga 06:00, atau pada saat sahur.

Adapun wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi, Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0 persen dibanding hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat (31,2 persen) dan Jawa Timur (26,9 persen).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal.
 
Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran – Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media social mencapai 30,4 %. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7%. 
Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 % terhadap penggunaan layanan data.
Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan streaming melalui aplikasi Youtube. Khusus layanan media sosial kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi aktivitas pelanggan pada aplikasi Facebook dan Instagram.

Sementara beberapa ragam aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah Google Service yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 7,7%, diikuti Mobile Legend dan TikTok masing-masing sebesar 1,1%.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, “Kami bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran,” ujar Denny dalam rilis Humas Telkomsel, Jumat malam (7/6/2019).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Denny, pihaknya menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel. “Sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman,” tutupnya. (ers)

 

 


 
 

 
 
 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.