Raket

Usai Taklukkan Federer, Nadal Tunggu Djokovic atau Thiem yang Pertandingannya Ditunda Akibat Hujan

Redaktur: Heryanto
Usai Taklukkan Federer, Nadal Tunggu Djokovic atau Thiem yang Pertandingannya Ditunda Akibat Hujan - Raket

Pertandingan Nadal di French Open 2019 melawan Federer (kiri). Foto: Internet

indopos.co.id - Meski kondisi cuaca kurang baik, namun Rafael Nadal berhasil menguasai permainan di semifinal pada Jumat (7/6/2019) malam waktu setempat, dan mengatasi perlawanan saingan lamanya Roger Federer untuk maju ke final French Open ke-12.

Bintang Spanyol itu memenangkan persaingan ke-39 mereka dengan skor 6-3, 6-4, 6-2 dalam dua jam dan 25 menit di lapangan Philippe Chatrier, Perancis.

Kemenangan itu pun menambah catatan kemenangan Nadal menjadi 92 berbanding 2 di lapangan tanah liat kejuaraan Grand Slam, termasuk menjadi kemenangannya yang ke-14 dalam 16 pertandingan melawan Federer di lapangan tanah liat.

“Kondisi di luar sana hari ini sangat sulit, sehingga tidak mudah untuk bermain. Saya harus fokus, menerima semua kesulitan, dan bermain positif sepanjang waktu. Itulah yang saya lakukan," tutur Nadal melansir atptour.com, Sabtu (8/6/2019).

Nadal sekarang akan bersiap untuk merebut mahkota kejuaraan besar ke-18 dalam karirnya melawan peringkat satu dunia Novak Djokovic, juara 2016 di Paris, atau Dominic Thiem yang akan menjadi pengulangan final tahun lalu.

Petenis 33 tahun itu membuntuti Djokovic 26-28 dalam seri FedEx ATP Head2Head mereka, termasuk keberhasilannya mengalahkan petenis Serbia itu tiga minggu lalu untuk gelar kesembilan Internazionali BNL d'Italia.

Dengan Thiem, Nadal akan berusaha membalas kekalahannya di semifinal Barcelona Open Banc Sabadell April lalu, meski secara keseluruhan catatan pertandingannya 8-4 melawan Thiem.

“Saya berharap bisa memberikan yang terbaik melawan salah satu dari mereka jika saya mampu. Saya percaya diri. Jika saya tidak dapat menjalankan rencana permainan, itu akan menjadi rumit. Tetapi jika saya bermain dengan baik sebagaimana yang sudah saya lakukan sampai sekarang, maka saya memiliki semua peluang," katanya.

Namun rupanya cuaca buruk berdampak pada pertandingan di babak semifinal French Open antara unggulan nomor satu Novak Djokovic dan unggulan nomor empat Dominic Thiem. Diman panitia terpaksa menghentikan di set ketiga akibat hujan yang mengguyur lapangan Phillipe Chatrier.

Pada pertandingan Jumat malam, Djokovic dan Thiem berhasil saling mengamankan masing-masing satu set, yaitu 6-2 dan 3-6, dalam kondisi berangin. Tetapi unggulan keempat asal Austria itu meningkatkan agresinya di awal set ketiga dan memimpin 3-1 sebelum akhirnya hujan menyebabkan pertandingan diskors pada pukul 17.51 waktu setempat dan akan dilanjutkan pada hari Sabtu, menurut laporanatptour.com.

Memasuki pertandingan ini, Djokovic adalah satu-satunya petenis yang belum kehilangan satu set pun di lapangan tanah liat Grand Slam. Djokovic memimpin FedEx ATP Head2Head dengan Thiem 6-2, tetapi Thiem telah memenangkan dua dari tiga pertandingan terakhir mereka termasuk kemenangan dua set langsung di turnamen ini dua tahun lalu.

Unggulan teratas yang mencatatkan 26 kemenangan beruntun di tingkat ini, hanya kurang dua kemenangan untuk memenangkan keempat gelar Grand Slam pada saat yang sama untuk kedua kalinya.

Sementara Thiem sedang mencoba mencapai final Roland Garros keduanya yang berturut-turut. Tahun lalu, ia kalah dalam set langsung melawan Nadal pada upaya pertamanya di piala utama perdananya. (ant)

 


 
 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.