Internasional

Venezuela Buka Kembali Perbatasan dengan Kolombia

Redaktur: Ali Rahman
Venezuela Buka Kembali Perbatasan dengan Kolombia - Internasional

Presiden Venezuela Nicholas Maduro.

indopos.co.id - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan bahwa ia berencana untuk membuka kembali perbatasan negara dengan Kolombia pada Sabtu (8/6/2019).

“Dalam pelaksanaan kedaulatan kami sepenuhnya, saya telah memerintahkan pembukaan penyeberangan perbatasan dengan Kolombia di negara bagian Tachira, mulai hari Sabtu # 8 Juni ini,” tulis Maduro di akun Twitter pada Jumat (7/6/2019).

“Kami adalah pecinta damai yang dengan teguh membela kemerdekaan dan menentukan nasib kami sendiri,” tambahnya.

Pengumuman itu muncul beberapa bulan setelah Maduro memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia dan negara-negara lainnya. Negara-negara Amerika Selatan menutup perbatasannya dengan Kolombia pada bulan Februari ketika partai oposisi Venezuela berusaha untuk mengimpor bantuan asing ke Amerika Selatan.

Maduro membantah bahwa ada krisis kemanusiaan di Venezuela dan menyarankan bahwa upaya bantuan adalah bagian dari rencana AS untuk mengatur kudeta.

Maduro telah mengizinkan pengiriman bantuan dari Tiongkok dan organisasi kemanusiaan seperti Palang Merah. Namun, Maduro menolak membuka perbatasan Venezuela untuk bantuan dari sejumlah negara yang mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela yang sah. Negara-negara itu termasuk Kanada, Inggris, Jerman dan AS.

“Bulan lalu, perbatasan Venezuela dengan Brazil dan Aruba dibuka kembali untuk memulihkan kehidupan ekonomi, sosial, politik dan budaya,” kata Wakil Presiden Venezuela, Tareck El Aissami dalam pidato yang disiarkan televisi.

Pada hari Jumat, Guaido juga mengakui perpecahan di dalam oposisi. “Perbedaan akan diselesaikan secara bertahap, karena kita semua bersatu dalam satu alasan,” kata Guaido.

“Ya, memang ada beberapa perbedaan dan tentu saja kami memilikinya sekarang,” katanya saat berbicara di sebuah acara di Valencia.

Guaido menanggapi komentar yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, yang mengatakan pekan lalu bahwa sulit untuk menjaga oposisi Venezuela bersatu. (fay)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Tiongkok Kirimkan 71 Ton Bantuan Medis untuk Venezuela

Internasional / Pemimpin Oposisi Venezuela Segera Buka Hubungan dengan AS

Internasional / AS Cabut Sanksi untuk Jenderal Penentang Presiden Venezuela

Internasional / AS Cabut Sanksi untuk Jenderal Penentang Presiden Venezuela

Internasional / Ini Alasan Puluhan Ribu Warga Venezuela Turun ke Jalan

Internasional / Kolombia akan Izinkan Warga Venezuela Masuk dengan Paspor Lama


Baca Juga !.