Bola Dunia

Aturan Baru yang Wajib Dipahami Pemain Sepak Bola

Redaktur: Ali Rahman
Aturan Baru yang Wajib Dipahami Pemain Sepak Bola - Bola Dunia

ilustrasi pertandingan sepakbola Internasional

indopos.co.id - Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (International Football Association Board/IFAB) merilis rekomendasi baru terkait regulasi permainan di dalam lapangan untuk disahkan Federasi Sepak Bola Internasional (Fédération Internationale de Football Association/FIFA)

Regulasi tersebut akan digunakan pada musim 2019-2020, atau mulai Juni 2019. Ada enam peraturan yang menjadi sorotan dalam peraturan terbaru sepak bola atau law of the games.

1. Gol mengenai tangan dalam keadaan aktif/pasif tidak disahkan

Gol menyentuh pemain baik sengaja maupun tidaak disengaja sehingga membuahkan gol akan dianulir oleh wasit. Tidak ada lagi alasan tangan aktif/pasif menyentuh bola, peraturan ini mempertegas aturan handsball yang selama ini permainan masih dapat berlanjut dengan alasan pemain tidak sengaja menyentuh bola dengan tangan.

2. Peraturan baru tendangan gawang

Dalam peraturan sebelumnya tendangan gawang yang dilakukan kiper kepada rekannya harus di luar kotak penalti. Akan tetapi kiper sekarang bisa mengoper bola di dalam area penalti dari tendangan gawang.

3. Pemain yang diganti bisa keluar dari mana saja

Pergantian pemain biasanya hanya dilakukan di antara bench pemain kedua tim yang sedang bertanding.

Namun regulasi terbaru membolehkan pemain yang diganti keluar dari sisi manapun dalam lapangan. Peraturan ini mencegah pemain untuk mengulur waktu yang merupakan sebagian dari strategi pelatih di menit-menit akhir pertandingan.

4. Tendangan penalti dalam satu kesempatan.

Penendang penalti hanya diberikan satu kali kesempatan tendangan penalti. Apabila eksekusi pinalti mampu digagalkan kiper atau mengenai mistar/tiang gawang, wasit akan meniup peluit untuk menghentikan pertandingan lalu memberikan bola tersebut kepada kiper untuk dilakukan tendangan gawang. Situasi ini mirip sistem adu tendangan penalti.

5. Pelatih bisa mendapatkan kartu dari wasit

Dengan peraturan baru yang dibuat IFAB/FIFA, pelatih mendapat perlakuan yang sama dengan pemain yaitu:

Jika pelatih melakukan protes berlebihan dipinggir lapangan akan diberikan kartu kuning (peringatan) atau kartu merah (pengusiran). Aturan sebelumnya, wasit bisa langsung mengeluarkan pelatih tanpa harus mengeluarkan kartunya.

6. Formasi pagar betis harus steril dari gangguan lawan

Pada saat pemain mendapatkan_freekick_ biasanya rekan pemain tersebut akan berada diantara pagar betis lawan guna mengganggu formasi pagar betis tersebut dan penglihatan kiper.

Hal tersebut tidak akan dibolehkan lagi, pagar betis untuk mengadang tendangan bebas lawan harus steril, hanya pemain tim yang menghadapi tendangan bebas yang boleh dipagar betis. (*)

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Jadwal Siaran Langsung Sepak Bola 30-31 Maret 2019

Liga Indonesia / Zico Gabung dengan Tim Impiannya

Total Sport / Timnas Cricket Sukses di Sri Lanka

Headline / Dikalahkan Qatar, Peluang Timnas U-19 Tetap Terbuka

Headline / Timnas Senior Terlalu Tangguh Bagi Myanmar


Baca Juga !.