Daerah

Arus Balik Masih Padat di Jalur Pantura

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Arus Balik Masih Padat di Jalur Pantura - Daerah

MERAYAP - Arus balik jalur Pantura di Demak, Jawa Tengah. FOTO: IST

indopos.co.id - Kendaraan pemudik arus balik dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua masih terlihat melintasi Jalur Pantura Timur Demak-Kudus, Jawa Tengah. Meskipun saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai masuk kerja usai libur Lebaran, Senin (10/6/2019).

Berdasarkan pantauan di sepanjang Jalan Pantura Timur Demak-Kudus hari ini (10/6/2019), kendaraan pemudik arus balik yang masih melintas didominasi dari arah Surabaya menuju Semarang. Sedaangkan dari arah Semarang menuju Surabaya juga banyak pemudik yang melintas yang ditandai dengan pelat kendaraan luar kota dan membawa barang bawaan di atap mobil.

Selain kendaraan roda empat, pemudik bersepeda motor juga masih terlihat melintas baik dari arah Surabaya menuju Semarang maupun sebaliknya yang ditandai dengan barang bawaan yang banyak dan masih ada tambahan tempat menaruh barang di belakang sepeda motor.

Personel kepolisian juga masih terlihat melakukan pemantauan arus balik, meskipun lalu lintas di sepanjang Jalur Pantura Timur Demak-Kudus cukup lancar dan tidak ada hambatan yang mengakibatkan kemacetan.

Kembali beroperasinya truk besar memang sedikit mengganggu kelancaran arus lalu lintas, namun pemudik arus balik masih bisa melintas dengan lancar. Kondisi jalan di sepanjang Jalan Pantura Timur Demak-Kudus juga cukup ramai karena masyarakat sekitar juga mulai melakukan aktivitas kerja setelah liburan panjang, meskipun sebagian masih ada yang menikmati liburan Lebaran.

"Pengguna jalan tetap kami imbau untuk tetap hati-hati karena lalu lintas di jalan raya kembali normal. Dimungkinkan masih banyak warga lokal yang melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata," kata Kasatlantas Polres Demak AKP Eko Rubianto di Demak, Senin.

Sejumlah titik di sepanjang Jalan Demak-Semarang yang biasanya digunakan untuk memutar balik, hingga hari ini (10/6/2019) masih tertutup portal dari beton sehingga kendaraan roda empat tidak bisa memutar balik sedangkan kendaraan roda dua masih bisa namun harus hati-hati melihat lalu lintas sekitar.

Penutupan tersebut demi keselamatan pengguna jalan karena selama arus mudik banyak kendaraan yang melaju kencang. Berdasarkan hasil pantauan Dinas Perhubungan Kabupaten Demak jumlah kendaraan yang melintas sepanjang Minggu (9/6/2019) sebagai tugas pemantauan terakhir kendaraan yang melintas paling banyak dari arah Kudus menuju Semarang untuk kendaraan roda dua mencapai 30.915 unit dan roda empat mencapai 25.452 unit.

Sementara dari arah Semarang menuju Kudus untuk kendaraan roda dua tercatat hanya 27.119 unit dan roda empat sebanyak 22.109 unit.(ant)
 

 
 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Program Motis KA Rencana akan Tambah Kuota

Megapolitan / Lebih Banyak yang Datang, Dibandingkan Pergi

Nasional / Pengamat Sebut Mudik 2019 Lebih Baik

Nasional / Pengamat Sebut Mudik 2019 Lebih Baik

Headline / Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Meningkat


Baca Juga !.