Bola Dunia

Enjoy Racikan Mancio

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Enjoy Racikan Mancio - Bola Dunia

indopos.co.id - Langkah Italia menuju Euro 2020 masih belum menemui rintangan. Boleh jadi, jalan mereka masih akan lapang untuk satu dua pertandingan ke depan. Dari tiga matchday yang sudah diselesaikan, Azzurri konsisten meraup poin maksimal. Yang menarik, Italia belum sekalipun kebobolan di ajang kualifikasi Euro 2020 ini. Setelah menang 3-0 atas Yunani (9/6/2019) di Athena, juara dunia empat kali itu ditantang Bosnia & Herzegovina dini hari nanti (12/6/2019) di Juventus Stadium pada matchday keempat Grup J.

Rekor pertemuan kedua tim baru terjadi sekali. Dan Bosnia justru memiliki rekor positif atas Italia. Pada ujicoba internasional 23 tahun yang lalu tepatnya 7 Novermber 1996, Bosnia menang 2-1 atas Italia.  Allenatore Italia Roberto Mancini kepada ANSA kemarin (10/6/2019) mengatakan baik Yunani maupun Bosnia adalah tim yang dihuni individu-individu berteknik bagus. Khusus Bosnia, beberapa pemainnya malah 'bersekolah' di klub-klub Italia. Diantaranya Ervin Zukanovic (Genoa), Miralem Pjanic (Juventus), Riad Bajic(Udinese), dan sang kapten Edin Dzeko (AS Roma). “Dua laga di bulan ini tak ada yang mudah untuk dilalui. Namun kami akan mencoba memenanginya dengan cara kami,” tutur Mancini.

Meski pada awal era kepelatihan pria 54 tahun itu Italia dihujani kritik karena seretnya produktivitas namun rekor tak pernah bobol enam laga belakangan memulihkan kepercayaan publik. Hantu kegagalan lolos di Piala Dunia 2018 mulai menemukan penawarnya.

Rekor streak clean sheets Italia ini merupakan yang terbaik dalam 29 tahun terakhir. Hanya Italia era Azeglio Vicini yang lebih baik dari periode Mancini dalam tiga dekade terakhir. Pada era Vicini, Italia clean sheets dalam sepuluh laga beruntun (12 November 1989 – 1 Juli 1990).

Ketika menang atas Yunani, Mancini mengistirahatkan capocannoniere Serie A musim 2018-2019 Fabio Quagliarella serta winger Federico Bernardeschi. Eks pelatih Manchester City itu memilih menurunkan Andrea Belotti dan Lorenzo Insigne.

Yang melegakan pergeseran dua nama itu terbukti jitu. Belotti memberi assist buat gol perdana Italia yang dihasilkan Nicolo Barella. Sedangkan Insigne berkontribusi untuk gol kedua Italia.   “Semua memiliki kesempatan untuk masuk dalam tim (starting XI, red.) dan mengerucutkan dari 30 nama menjadi 11 nama adalah pekerjaan yang paling berat. Tapi tentu akan ada perubahan nama melawan Bosnia ini,” ucap Mancini.

La Gazzetta dello Sport kemarin memprediksi dari starting XI saat lawan Yunani akan ada tiga atau empat pergeseran nama. Di posisi bek kanan, Mattia De Sciglio berpeluang menggantikan Allessandro Florenzi.  Kemudian di lini tengah nama Barella berpotensi dirotasi oleh gelandang AS Roma Lorenzo Pellegrini. Sedang di posisi trisula, Quagliarella, Moise Kean, dan Bernardeschi punya peluang menggantikan trio Federico Chiesa, Belotti, dan Insigne yang turun melawan Yunani sejak menit pertama. “Kami harus memilih enam sampai tujuh pemain yang punya talenta di posisi yang sama. Dan rasanya cukup pusing untuk menyuruh mereka duduk di bangku cadangan,” kata Mancini.

Sementara itu, Football Italia menulis jelang lawan Bosnia dini hari nanti (12/6/2019) bek kiri Italia milik Fiorentina Cristiano Biraghi harus dipulangkan ke klub asalnya karena mengalami cedera otot ligamen kaki kiri dalam sesi latihan kemarin.

Sementara itu, pelatih Bosnia Robert Prosinecki kepada Sport bertutur lega dengan berhasilnya banding hukuman kepada UEFA untuk gelandangnya Miralem Pjanic. Pjanic yang kena kartu merah di kualifikasi Euro 2020 versus Yunani (27/3/2019) tereduksi hukuman larangan tampil jadi satu laga. Pjanic menepi saat Bosnia kalah 0-2 oleh Finlandia (9/6/2019) dan siap turun lawan Italia (12/6/2019). “Adanya Pjanic tentu menjadi suntikan tenaga yang penting buat kami khususnya di lini tengah. Dengan kualitasnya kami cukup tenang dalam menghadapi raksasa di grup ini, Italia,” papar Prosinecki. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Biar Tua Tetap Gila

Bola Dunia / Kean, Traktor Itu Sudah Berlalu...

Internasional / Penjual Buku di Italia Ajak Anak-anak Cintai Buku dan Lingkungan

Headline / Tangan Tenggelam, Karya Seni Bentuk Protes

Internasional / Polisi Tangkap WN Somalia yang Mau Serang Vatikan

Indosport / Saat Gli Azzuri Tampil Tak Bergigi


Baca Juga !.