Politik

Andre Rosiade: Kami Masih Solid

Redaktur: Riznal Faisal
Andre Rosiade: Kami Masih Solid - Politik

indopos.co.id - Rencana Partai Demokrat keluar dari koalisi Indonesia Adil Makmur sepertinya tak menjadi soal bagi Koalisi Adil Makmur. Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade justru mempersilakan bila partai berlambang mercy tersebut bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Itu haknya Demokrat, kami tidak ingin mencampuri, tidak ingin ikut campur, monggo silakan, itu haknya Demokrat, kalau Demokrat ingin gabung dengan Pak Jokowi silakan, Demokrat mau keluar silakan," kata Andre saat dihubungi, kemarin.

Dia juga mempersilakan partai berlambang mercy itu jika dirasa masih tetap bergabung di koalisi Indonesia Adil Makmur.

Namun, dia berpesan, jika ingin keluar, Demokrat harus pamit secara baik-baik. "Kalau mau keluar pamit aja baik-baik cepetan, kalau mau masih tetap di dalam tolong jangan bikin pernyataan yang merongrong, bikin repot orang semua gitu lho," ujarnya.

Andre pun meminta agar kader Demokrat tidak membuat pernyataan yang gaduh serta tidak tertib. Ia juga meminta agar Partai Demokrat tidak terus menerus menyalahkan Prabowo dan Sandi di media sosial. "Kalau mau keluar, keluar aja nggak ada masalah, tapi kalau mau bertahan tolong hormati etika berkoalisi, jangan bikin gaduh di dalam," tegasnya.

Sikap serupa ditujukan kepada PAN. Yaitu, jika ingin keluar dari koalisinya harus memperhatikan etika politik. "Anda (PAN, Red) mau pindah ke Pak Jokowi itu hak Anda, kami hormati, kami tidak akan meminta, memaksa tetap bertahan. Tapi, bergabung baik-baik pisahnya harus baik-baik juga, pamitan oleh kita semua gitu loh," kata Andre.

Dia menyebutkan, memang tidak ada perjanjian khusus antar partai koalisi untuk mendampingi hingga proses gugatan hasil Pemilu ke lembaga yang berwenang. Karena itu, pihaknya tidak ingin memaksakan kehendak dan menghormati setiap keputusan rekan koalisi.

"Intinya gini, kami menghormati saja apa pun keputusan teman-teman koalisi yang jelas kami tidak ingin memaksakan kehendak yang mau keluar hak mereka mau keluar, itu saja. Kalau untuk menilai kami serahkan ke masyarakat biar masyarakat yang menilai," ungkapnya.

Meski begitu, politikus Partai Gerindra ini menegaskan, koalisi Prabowo-Sandi hingga kini masih solid. Baik dengan PAN, Partai Demokrat ataupun PKS. "Sampai saat ini kami masih melihat ini koalisi kami masih solid, termasuk dengan PAN," tutupnya. (aen)

Baca Juga


Berita Terkait

Politik / BPN Siapkan Saksi-Saksi dari Daerah

Megapolitan / BPN Yakin Gugatan Diterima Majelis Hakim MK

Politik / Perihal Gugatan ke MK, BPN Siapkan Bukti Lain


Baca Juga !.