Lifestyle

Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Redaktur: Ali Rahman
Bahaya Tidur dengan Rambut Basah - Lifestyle

Tidur dengan rambut basah dapat merusak rambut Anda.

indopos.co.id - Pernahkah anda keramas pada malam hari dan membiarkan rambut anda basah sebelum tidur? Banyak orang meyakini tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan flu. Faktanya, tidur dengan rambut basah tidak akan membuat anda terkena flu. Tetapi jelas memberikan efek yang tidak baik pada kesehatan anda.

Meskipusn resikonya sangat minim, ada beberapa hal yang harus anda waspadai sebelum naik ke tempat tidur dengan rambut basah.

Dr. Chirag Shah, MD, dokter darurat bersertifikat dan salah satu pendiri push health, sebuah platform layanan kesehatan online mengatakan bahwa tidur memang tidak akan membuat anda pilek, tetapi akan meningkatkan risiko terkena infeksi jamur di kulit kepala. Jamur seperti Malassezia dapat menyebabkan ketombe atau dermatitis pada rambut. Shah juga merekomendasikan untuk mengeringkan rambut sebanyak mungkin sebelum tidur.

Bantal dapat menjadi sarang jamur, seiring dengan jamur yang hadir secara alami di kulit kepala anda. Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat. Sedangkan sarung bantal dan bantal yang basah dapat menjadi tempat ideal bagi jamur untuk berkembang biak.

Sebuah studi pada flora jamur di tempat tidur ditemukan 4 hingga 16 spesies jamur terdapat pada bantal yang diuji. Jamur yang ditemukan termasuk Aspregillus fumigatus, spesies jamur yang dapat menyebabkan infeksi dengan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jamur ini juga dapat memperparah gejala asma.

Tidur dengan rambut basah juga dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan serius. “Rambut paling lemah saat basah. Risiko kerusakan utama rambut selain kosmetik adalah rambut yang menempel di bantal saat tidur,” kata Dr. Adarsh Vijay Mudgil, MD, ahli dermatologi di Kota New York yang memiliki sertifikasi di bidang dermatologi dan dermatopatologi.

Mudgil memperingatkan bahwa mengepang rambut dengan ketat juga dapat melemahkan kekuatan rambut. “Jika anda tidak dapat menghindari untuk tidur dengan rambut basah, sebaiknya anda membiarkannya tergerai,” katanya.

Jika anda memang harus tidur dengan rambut basah, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengehindari kerusakan rambut. Salah satunya dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut anda. Sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat melindungi rambut basah dari kerusakan. Tetapi cara ini tidak disarankan jika anda menderita eksem soboroik, karena minyak kelapa dapat memperburuk keadaan.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan kondisioner. Kondisioner membantu menutup kutikula rambut dengan mengurangi gesekan, dan membuat rambut tidak mudah kusut. Sebaiknya anda juga mengeringkan rambut anda sebanyak mungkin. Jika anda memiliki waktu lebih akan lebih baik untuk benar-benar mengeringkan rambut anda. Semakin sedikit air yang ada di rambut anda, akan semakin meminimalkan kerusakan rambut.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa tidur di atas sarung bantal sutra lebih baik untuk kulit karena permukaannya dapat mengurangi gesekan pada rambut. (fay)

 

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.