Internasional

Kim Jong-nam Diduga Informan CIA

Redaktur: Ali Rahman
Kim Jong-nam Diduga Informan CIA - Internasional

Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

indopos.co.id - Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang terbunuh di Malaysia pada 2017, diduga sebagai seorang informan bagi CIA. Surat kabar Wall Street Journal (WSJ) mengungkapkan laporan tersebut pada Senin (10/6/2019).

Surat kabar itu mengutip dari sumber tanpa nama yang mengetahui masalah terserbut dan mengatakan banyak detail hubungan Kim Jong-nam dengan CIA yang masih tidak jelas. Namun, sumber itu mengatakan bahwa ada hubungan antara CIA dan Kim Jong-nam. Sedangkan CIA masih menolak untuk berkomentar.

Menurut sumber WSJ, Kim Jong-nam telah melakukan perjalanan ke Malaysia pada Februari 2017 untuk bertemu dengan kontak CIA nya.

Pada Februari 2017, Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam dituduh meracuni Kim Jong-nam dengan mengoleskan wajahnya dengna cairan VX, senjata kimia terlarang, di bandara Kuala Lumpur. Namun, keduanya dibebaskan pada bulan Maret dan Mei 2019.

“Beberapa mantan pejabat AS mengatakan saudara tiri, yang telah tinggal di luar Korea Utara selama bertahun-tahun dan tidak mengetahui basis kekuatan di Pyongyang, tidak mungkin dapat memberikan rincian tentang kerahasiaan pekerjaan dalam negeri Korut,” tulis WSJ dalamm laporannya.

Menurut WSJ, pejabat itu juga mengatakan Kim Jong-nam hampir pasti telah melakukan kontak dengan dinas keamanan negara-negara lain, terutama Tiongkok.

Para pejabat Korea Selatan dan AS mengatakan pihak berwenang Korea Utara lah yang memerintahkan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, karena telah mengkritik pemerintahan dinasti keluarganya. Namun, Pyongyang membantah tuduhan itu.

Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un telah bertemu dua kali, di Hanoi pada Februari dan Singapura pada Juni tahun lalu. Mereka tampaknya membangun niat baik pribadi tetapi gagal mencapai kesepakatan untuk mencabut sanksi AS sebagai imbalan bagi Korea Utara yang membongkar program nuklir dan misilnya. (fay)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Korea Utara Kecam Joe Biden Soal Kritiknya pada Kim Jong-un

Internasional / Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal

Internasional / Rudal Korut Tertangkap Kamera

Internasional / Kim Puji Putin di Vladivostok

Internasional / Kim Jong-Un Ingin Bertemu Vladimir Putin

Internasional / Kim Jong Un Tiba di Rusia untuk Bertemu Putin


Baca Juga !.