Daerah

1,42 Miliar Penonton TV di Dunia Bakal Saksikan MXGP World Championship di Sumsel

Redaktur: Ali Rahman
1,42 Miliar Penonton TV di Dunia Bakal Saksikan MXGP World Championship di Sumsel - Daerah

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar tengah memimpin rapat pelaksanaan kegiatan kejuaraan MXGP of Indonesia 2019 di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (11/6/2019). Foto: Pemprov Sumsel untuk INDOPOS

indopos.co.id - Kejuaraan Dunia Motorcross Grand Prix (MXGP) of Indonesia 2019 yang digelar di Provinsi Sumsel pada tanggal 5 hingga 7 Juli 2019 sudah di depan mata. Segala persiapan mulai dikebut oleh pihak event organizer (EQ) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai bentuk tanggung jawab, mengingat waktu penyelenggaraan event international tersebut kurang lebih satu bulan lagi.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar dalam rapat pelaksanaan kegiatan kejuaraan MXGP of Indonesia 2019 di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (11/6/2019) mengatakan, penyelenggaraan MXGP ini harus berlangsung sukses dan membawa nama baik provinsi Sumsel.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar tersebut membahas segala bentuk persiapan mulai dari penyambutan para peserta dan para tamu-tamu dari negara luar. Pengamanan atlet dan penonton oleh kepolisian, ticketing, penyediaan tenaga kesehatan, penyediaan pemadam kebakaran, penyediaan tenaga kebersihan, promosi hingga penyediaan lahan parkir pun secara tuntas dibahas dalam rapat tersebut.

Nasrun Umar menambahkan. penyelenggaran event international MXGP di kota Palembang harus berlangsung sesuai dengan yang diharapkan, oleh sebab itu segala persiapan harus dibahas tuntas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi event ini merupakan event international yang dimana akan mendatangkan tamu-tamu dari berbagai negara dan diliput secara langsung oleh media asing.

“Saya harapkan Jumat, paling lambat Senin pekan depan semua perencanaaan telah diserahkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga agar segera ditindaklanjuti. Karena pesan Bapak Gubernur MXGP ini harus sukses,” tuturnya

Sementara Direktur PT Arena Sirkuit Internasional (ASI) Judiarto menjelaskan, tujuan dari penyelenggaraan FIM MXGP World Championship olahraga pariwisata industri besar dan berkembang global dengan implikasi penting baik secara ekonomis untuk olahraga, acara dan tujuan lainnya berdampak pada peningkatan pada kunjungan pariwisata di Sumsel.

“The MXGP World Championship adalah showcase sempurna untuk negara-negara yang ingin dipromosikan di seluruh dunia dengan gambar olahraga yang berkualitas ke MXGP. Penonton dari 1,42 miliar penonton TV Negara tertarik untuk mengadakan acara olahraga untuk menarik kesadaran pariwisata dan menciptakan manfaat yang dalam jangka panjang membangun negara, gambar dengan pengunjung menarik bisnis pariwisata,” katanya

Manfaat MXGP lainnya, lanjut Judiarto yakni melampaui dampak ekonomis, seperti misalnya, penciptaan lapangan kerja baru serta tumbuhnya kesadaran negara dan daerah yang dikunjungi oleh ribuan orang. Disamping promosi daerah melalui liputan TV di seluruh dunia dan kartu pos.

“Belanja langsung oleh pengunjung memiliki dampak positif pada profitabilitas bisnis lokal dan pertumbuhan lapangan kerja. Oleh tuan rumah MXGP para fans, tim dan media dari mana-mana di dunia akan melakukan perjalanan ke negara tidak hanya untuk menghadiri Grand Prix, tetapi juga untuk mengunjungi tempat-tempat paling iconic selama mereka tinggal,” tuturnya

Dia menyebutkan, salah satu keuntungan utama dari hosting acara yang penting seperti MXGP World Championship adalah yang menarik pengunjung yang akan mungkin tidak pernah perjalanan ke tujuan. Namun karena tayang di TV dunia ada kemungkinan calon wisatawan luar negeri akan datang ke kota tuan rumah MXGP.

"The MXGP World Championship, sejauh ini, terbaik off-road motor sport di dunia dengan lebih dari 1,42 miliar penonton TV di seluruh dunia, menjadi alat komunikasi bagi negara tuan rumah akan dipromosikan dalam bentuk Post Card Video tentang daerah penyelenggaraan yang akan disiarkan sepanjang live acara,” pungkasnya. (srv)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.