All Sport

Menpora Belum Tunjuk CdM SEA Games Filipina

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Menpora Belum Tunjuk CdM SEA Games Filipina - All Sport

indopos.co.id - Menpora Imam Nahrawi mengaku belum menentukan Cdm Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 di Filipina. Dia berjanji akan segera mengumumkannya. "Saya akan segera menunjuk dan mengumumkannya. Yang pasti orangnya bisa bersinergi dengan atlet," ujar Menpora usai bersilaturahmi dengan awak media di kediamannya, Selasa (11/6/2019).

Menpora  mengakui memang belum menetapkan CdM Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina. Diakui hal itu membutuhkan waktu untuk menentukan sosok tersebut dan berharap merupakan orang yang sudah berkecimpung mengurusi cabor. Kepastian finalnya akan ditentukan dalam rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Saya belum rapat dengan Menko PMK terkait dengan CdM. Tapi, kami mengusulkan CdM harus berasal dari pimpinan cabor. Mereka lebih bisa menyelami tingkat kebutuhan, konsolidasi, koordinasi yang aktif satu sama lain," jelasnya.

Menanggapi belum ditunjuknya CsM SEA Games Filipina, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) Joko Pramono menilai menpora telat bila sampai saat ini belum menetapkan Ketua (Chef de Mission/CdM) Kontingen Indonesia SEA Games 2019 Filipina.

Hal itu dikarenakan banyaknya tugas yang harus dipersiapkan dan melihat pengalaman sebelumnya yang telat dan berakibat ke prestasi yang tidak memuaskan.

"Jelas sangat telat, padahal Ketua KOI (Komite Olimpiade Indonesia) sudah mewanti-wanti sejak tahun lalu usai Asian Games 2018 berakhir. CdM itu harus ditetapkan di awal tahun 2019 ini sebaiknya, apalagi target yang dipasang pemerintah naik dari 5 besar sebelumnya jadi 4 besar. Saya juga mendengar baru 17 cabor yang sudah melakukan MoU untuk dana pelatnas SEA Games dari total 35 cabor yang ikut. Ini ada apa dan pasti susah capai target," ujar Joko kepada awak media di acara pencalonan Marciano Norman sebagai ketum KONI.

Menurutnya, sebenarnya  Ketua KOI Erick Thohir sudah memberikan surat penunjukkan CdM SEA Games 2019 yang berasal dari pimpinan cabang olahraga, yakni Ketua Umum PB PABBSI, Rosan Roeslani dan bersedia menjadi Ketua Kontingen. Lalu surat itu diserahkan ke Menpora Imam Nahrawi agar segera diproses dan ditetapkan. Namun ternyata belum hingga saat ini. 

"Pak Rosan meminta saya untuk menyiapkan Tim CdM untuk mengurus semuanya untuk persiapan kontingen dan sudah saya persiapkan, bahkan sudah rapat dua kali di Kempora. Kami hanya menunggu paparan dari pihak KOI saja yang saat ini ditangani oleh Sekjen KOI, Hellen. Namun itu belum terjadi," jelasnya.  

SEA Games 2019 berlangsung di Filipina mulai 30 November hingga 11 Desember. Kontingen Merah Putih berencana hanya mengikuti 35 cabang olahraga dari 56 cabang olahraga (cabor) yang ditawarkan oleh tuan rumah Filipina. (bam)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.