Megapolitan

Uji Coba Perdana LRT, Warga Sorak-sorai

Redaktur:
Uji Coba Perdana LRT, Warga Sorak-sorai - Megapolitan

TAK MAU KETINGGALAN - Warga keluar dari gerbong LRT Jakarta di Stasiun Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (11/6/2019). Uji coba dibuka untuk publik ini akan berlangsung selama 11 hari. Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

indopos.co.id - Setelah lama menunggu, akhirnya Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta melakukan uji publik, Selasa (11/6/2019). Pada pagi hari, calon penumpang sudah ada antre untuk melakukan validasi tiket elektronik.

Para calon penumpang yang baru tiba di Stasiun Velodrome langsung naik ke lantai dua. Namun, penumpang harus menunjukkan tiket elektronik yang diperoleh melalui alamat e-mail. Petugas yang rampung memeriksa tiket, langsung mempersilakan calon penumpang naik ke lantai dua. ”Tolong e-ticket dipersiapkan, agar tidak antre lama,” ucap salah satu petugas keamanan.

Di lantai dua, penumpang kembali menuju loket untuk melakukan validasi e-ticket. Tiket yang sudah divalidasi tidak bisa digunakan untuk kedua kali. Kemudian, petugas kembali mempersilakan calon penumpang menunggu di ruang tunggu yang sudah tersedia. ”Prosesnya cepat dan tidak sulit ya,” celetuk salah seorang calon penumpang kepada rekannya.

Sudah tidak sabar, para calon penumpang pun mengantre di pintu masuk yang berada di sisi sebelah utara dan selatan. Ada lima gate untuk sisi utara, dan empat gate di sisi selatan. Sorak-sorai calon penumpang pun pecah, ketika bagian informasi memberikan kabar kedatangan LRT. ”Hore, hore, hore,” sorak calon penumpang uji coba LRT yang sudah tidak sabar antre di tiap gate masuk Stasiun Velodrome.

Dipandu oleh petugas, para calon penumpang uji coba memasuki gerbong LRT. Pada uji coba perdana ini, hanya dua gerbong saja yang beroperasi. ”Kok hanya dua gerbong saja ya?” ucap salah seorang penumpang yang terheran-heran, sembari diamini penumpang lainnya.

Menanggapi hal itu, Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta Melisa Suciati mengklaim jumlah gerbong yang digunakan pada uji coba sudah cukup menampung calon penumpang. Penambahan gerbong, menurutnya hanya akan dilakukan apabila jumlah penumpang sudah melebihi kapasitas. ”Dua gerbong dalam satu rangkaian kereta LRT Jakarta bisa menampung 270 penumpang duduk dan berdiri,” bebernya.

Melisa menuturkan, empat rangkaian LRT dengan delapan gerbong bisa mengangkut 1.080 orang sekali angkut. Saat ini pihaknya masih terus melakukan evaluasi untuk penyesuain pelayanan kepada penumpang. ”Kita masih ingin tahu jam-jam penuh atau jam-jam kosong. Kalau memang diperlukan, maka kita akan tambah sesuai keperluan,” katanya.

Dia mengungkapkan, uji coba ini dikemas berdasarkan rekayasa kebutuhan publik, demi mengetahui saat pengoperasian komersial nanti. ”Waktu operasi kereta mulai pukul 05.30 hingga 23.00 WIB dan selang waktu antarkereta atau headway 10 menit,” bebernya.

Selama uji publik ini, menurut Melisa penumpang dapat naik dan turun di lima stasiun berbeda, mulai dari Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome Rawamangun. ”Kami siapkan kuota uji coba setiap harinya untuk 5 ribu penumpang. Dan alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti uji coba,” ucapnya.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin. Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya menunggu terbitnya sertifikasi operasional dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. ”LRT Jakarta sudah mengantongi rekomendasi teknis, rekomendasi keselamatan, serta rekomendasi sarana dan prasarana dari Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Menurut Iwan, untuk menerbitkan izin operasional moda transportasi masal dengan rute Rawamangun-Kelapa Gading ini dibutuhkan inspeksi lebih lanjut. Dengan melakukan pengecekan semua kelengkapan hingga standar-standar operasi. Karena, dokumennya pun tidak sedikit.

Perlu diketahui, bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujicoba LRT Jakarta bisa mendaftar melalui website resmi LRT Jakarta yakni http://www.lrtjakarta.co.id/. Caranya, cukup mengisi formulir pendaftaran pada halaman website. Kemudian, pilihlah jadwal ujicoba. Langkah selanjutnya submit formulir yang sudah diisi dan diverifikasi email yang sudah didaftarkan, dengan meng-klik tautan pada email.

Setelah verifikasi email berhasil, cek email dan unduh e-ticket yang didapatkan. Tiket itu kemudiaan bisa digunakan untuk mengikuti uji coba LRT Jakarta dengan menukarkan tiket single jouney trip (SJT) di stasiun sesuai e-ticket.

Satu tiket hanya berlaku untuk satu orang calon penumpang. Sementara satu email bisa digunakan untuk pendaftaran berkali-kali tanpa batas. Tiket yang diperoleh pendaftar hanya bisa diverifikasi pada tanggal di hari keberangkatan. Tiket kemudian bisa dicetak atau diakses melalui email. Namun, untuk anak yang berumur di bawah tiga tahun tidak wajib untuk melakukan pendaftaran. (nas)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Rekomendasi Kemenhub Terbit, Pembangunan LRT Berlanjut

Megapolitan / Pemprov Ditantang Laporkan LRT Jakarta ke KPK

Megapolitan / Sambut LRT, Bogor Tata Trasportasi


Baca Juga !.