Megapolitan

Selundupkan 37 Kilogram Sabu, Enam Warga Negara Malaysia Dibekuk

Redaktur:
Selundupkan 37 Kilogram Sabu, Enam Warga Negara Malaysia Dibekuk - Megapolitan

TERORGANISASI - Petugas menunjukkan para tersangka pengedar narkoba asal Malaysia dan barang bukti sabu sebanyak 37 kg saat konferensi pers di Batavia Marina Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (11/6/2019). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

indopos.co.id - Enam Warga Negara Malaysia berinisial MIF, IKZ, SHN, SLH, RHM, dan MHS dibekuk jajaran Direktorat Narkoba Bareskrim Polri. Keempat pelaku berupaya menyelundupkan sebanyak 37 kilogram sabu dari Negeri Jiran menggunakan kapal pesiar kecil atau yacht.

Hal itu ditegaskan oleh Wadir IV Direktorat Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Krisno Siregar bahwa penangkapan keempat WN Malaysia tersebut dilakukan pada Selasa (5/6/2019), di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Kapal yacht yang digunakan pelaku berangkat dari Pelabuhan Johor, Malaysia di hari yang sama.

”Kami menangkap 4 WN Malaysia masing-masing ada yang berperan sebagai nahkoda. Ada yang berperan mengamankan dan memindahkan. Di atas kapal itu ditemukan sebanyak 37 kg sabu dikemas dalam dapra kapal,” tegas Kombes Krisno, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (11/6/2019) siang.

Selain menangkap 4 orang WN Malaysia yang ada di kapal, juga ditangkap 2 tersangka lain yang berperan sebagai pengendali dan penjemput. Dua tersangka itu RHM, dan MHS yang kini sudah mendeam di dalam jeruji besi.

Pada aksi penyelundupan puluhan kg sabu itu para tersangka memindahkan kemasan sabu dari dalam dapra ke 2 koper. Barang sabu tersebut kemudian disiapkan untuk dibawa ke luar area pelabuhan. ”Nama kapalnya carron layner. Harganya 2,5 juta ringgit atau 7 miliar rupiah. Ini buatan Perancis tahun 2003, kecepatannya bisa 30 knot,” ungkapnya.

Atas aksi tersebut, para tersangka dijerat pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2019 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati. Polisi juga sita barang bukti berupa 37 kg sabu dan kapal pesiar yang digunakan untuk aksi penyelundupan sabu tersebut. (ibl)

Baca Juga


Berita Terkait

Nusantara / Pejabat Pemprov Kepri Diringkus Polisi

Megapolitan / Aparat Gagalkan Jaringan Narkoba Siap Edar di Malam Takbiran

Megapolitan / BNN Sita 200 Kg Sabu

Megapolitan / Ringkus Pengguna Narkoba di Rumah Kontrakan

Megapolitan / Modus Family Gathering, Pesta Narkoba Digerebek


Baca Juga !.