Lifestyle

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Kulit

Redaktur: Ali Rahman
Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Kulit - Lifestyle

Mentimun memiliki banyak manfaat untuk kulit.

indopos.co.id - Sudah menjadi rahasia umum bahwa mentimun dapat memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Mentimun dapat memberikan asupan vitamin C dan asam caffeic yang dapat melawan peradangan untuk usus anda. Dan jika dioleskan pada wajah, nutrisi tersebut dapat memberikan efek positif untuk meremajakan kulit.

Untuk kecantikan kulit, manfaat mentimun yaitu untuk antioksidan, menutrisi kulit, memberikan efek menenangkan dan mendinginkan, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi efek buruk sengatan matahari.

Mentimun mengandung 96 persen sumber air terpercaya. Ia juga dapat dijadikan sebagai bahan pelembab tambahan. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, mentimun juga berfungsi sebagai bahan perawatan kulit yang aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan keras yang berpotensi menyebabkan iritasi.

Berikut beberapa cara memanfaatkan kandungan dalam mentimun untuk kesehatan.

1. Lakukan perawatan mata untuk mengurangi mata bengkak.

Kita semua menjalani kehidupan yang sibuk dan banyak dari kita kurang tidur. Karena itu, mata bengkak adalah sesuatu yang kita semua alami. Untungnya, mentimun yang didinginkan dapat membantu mengeringkan area mata serta mendinginkan area mata yang bengkak untuk.

Jus mentimun tidak hanya dapat mengurangi pembengkakan di area mata, tetapi juga dapat menenangkan kulit yang rusak dan membuat mata anda terlihat dan terasa segar. Ini karena kandungan vitamin C dan asam folat mentimun.

Tapi jangan lupa untuk tetap gunakan krim mata setelahnya karena mentimun tidak memiliki kekuatan untuk melembabkan area mata.

2. Buat masker mentimun untuk mengobati iritasi kulit dan kulit berjerawat.

Mentimun juga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit yang teriritasi dan rawan jerawat. Untuk kulit yang berjerawat, jus mentimun dapat membantu mengencerkan minyak esensial yang kuat seperti minyak pohon teh. Dengan cara ini, anda bisa melawan jerawat tanpa membuat kulit anda kering atau perih. Mentimun juga dapat digosokkan langsung pada kulit, tepat di atas bintik-bintik jerawat, atau bahkan diletakkan di wajah sebagai masker.

3. Cuci muka anda dengan air mentimun.

Untuk mencuci wajah di pagi hari, campur air mentimun dengan bahan bermanfaat lainnya seperti lidah buaya, teh hijau, atau sabun. Anda juga dapat menyiram wajah dengan air mentimun untuk menjaga kesegaran kulit.

4. Bersantai dengan masker mentimun yang melembabkan.

Karena mentimun mengandung 96 persen air, anda dapat mencampurnya dengan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat masker yang membantu mengeksfoliasi kulit dan menyerap kualitas mentimun secara maksimal.

Campurkan mentimun, madu, dan yogurt untuk membuat masker yang dapat menghidrasi kulit dan memiliki aroma yang lezat. Anda bisa juga menambahkan bahan-bahan seperti oat ke dalam campuran untuk memberikan efek menenangkan dan pengelupasan kulit. (fay)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.