Megapolitan

Bupati Bekasi Baru Fokus Dirikan Mal Pelayanan Publik

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Bupati Bekasi Baru Fokus Dirikan Mal Pelayanan Publik - Megapolitan

AMANAH-Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dalam acara pelantikan untuk menjadi Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022 oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/6/2019).FOTO:IST

indopos.co.id - Eka Supria Atmaja resnu menjadi Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022. Dirinya dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/6/2019).

Eka Supria Atmaja menyebutkan akan bergerak cepat dan melaksanakan beberapa program prioritas yang akan dilaksanakan setelah dirinya menjabat sebagai Bupati Bekasi. ”Pada sektor investasi, pendirian mal pelayanan publik menjadi fokus utama kami untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun para investor dalam berusaha di Kabupaten Bekasi,” ujar Eka (12/6/2019). Oleh karenanya dirinya akan memastikan jajarannya untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pendirian mal pelayanan publik tersebut.

Kemudian pada sektor infrastruktur, ia akan memastikan keberlangsungan pelaksanaan pembangunan mulai jalan, jembatan, sampai dengan infrastruktur pendidikan dan kesehatan yang dianggarkan di 2019.”Di antaranya 28 Titik Perbaikan jalan Kabupaten seperti Peningkatan Jalan Raya Batas Kota Bekasi sampai Kecamatan Babelan yang saat ini sedang masuk proses lelang, penanganan longsor badan jalan di Jalan Karang Satria – puloputer, peningkatan Jalan Kalimalang dari batas kota sampai Cibitung. Pembangunan 17 jembatan di antaranya lanjutan pembangunan Jembatan Pebayuran – Rengasdengklok dan  pembangunan Jembatan Pantai Bakti Tahap II,” ujarnya.

Dari segi infrastruktur pendidikan, menurut Eka ia akan merehabilitasi total 41 bangunan SD dan 11 bangunan SMP. Tak ketinggalan untuk infrastruktur kesehatan juga akan difokuskan pada pembangunan 11 puskesmas baru dan tiga puskesmas.

”Selain itu juga di sektor kesehatan, melalui jajaran Dinas Kesehatan, kami akan akan melakukan peningkatan kemudahan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang bermutu, merata dan terjangkau bagi seluruh masyarakat melalui integrasi Program Layad Rawat dengan PSC 119 Kabupaten Bekasi,” ujar Eka.

Sedangkan di sektor pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, pihaknya melalui disdukcapil akan melakukan pelayanan keliling ke 164 desa dengan menggunakan tiga mobil pelayanan keliling yang tersedia. Selain itu inovasi Pelayanan Kios Capil sebanyak tujuh kios yang difasilitasi Daring dengan menggunakan Sosial Media Whatsapp sebagai sarana komunikasi warga kepada petugas. Yang tidak kalah penting bahwa pihaknya juga sedang mengkaji perihal pembukaan Mal Pelayanan Publik sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke Kantor Disdukcapil.

Tak ketinggalan perihal ketenagakerjaan, menurut Eka masalah pengangguran di Kabupaten Bekasi masih membutuhkan perhatian yang serius, Sehingga dirinya akan segera berkordinasi dengan Provinsi Jawa Barat untuk merancang aturan yang memuat tentang penyerapan tenaga lokal. ”Kita akan selenggarakan juga Program peningkatan kesempatan kerja, berupa pelatihan dan sertifikasi calon tenaga kerja agar dapat langsung diserap oleh industri di Kabupaten Bekasi, serta pelatihan bagi masyarakat produktif dalam rangka mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Eka mengakui program-program tersebut bukanlah perkara yang mudah untuk dilaksanakan, karena diperlukan kerja sama yang baik dan terintegrasi antar seluruh pemangku kepentingan yang ada. ”Peningkatan kualitas mental para aparatur sipil negara yang ada di Kabupaten Bekasi juga penting dilakukan agar tidak terjadi lagi penyimpangan penyimpangan yang dilakukan oleh aparatnya,” ujar Eka

Dalam acara pelantikan tersebut, turut hadir unsur Forkompinda Jawa Barat, unsur Forkompinda Kabupaten Bekasi, Pimpinan DPRD dan para pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi.(dni)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Kementerian PANRB Dorong Kota Bandung Dirikan MPP

Nasional / Beribu Harapan di Mal Pelayanan Publik

Nasional / Indonesia Miliki Enam Mal Pelayanan Publik

Nasional / Menteri PANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kedua di Bali

Jakarta Raya / Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Tingkat Kepuasan Warga 97 Persen


Baca Juga !.