Headline

Robby Sugara Meninggal, Dunia Perfilman Kehilangan Aktor Senior Terbaik

Redaktur: Heryanto
Robby Sugara Meninggal, Dunia Perfilman Kehilangan Aktor Senior Terbaik - Headline

Aktor senior terbaik Robby Sugara meninggal dunia. foto: internet

indopos.co.id - Aktor senior Robby Sugara meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit (RS) UKI, Cawang, Jakarta Timur, Rabu malam (12/6/2019). Info terakhir, Robby wafat dalam perjalanan ke rumah sakit setelah mengalami sesak napas, Rabu sore (12/6/2019), lalu dilarikan ke rumah sakit, dan meninggal sekitar pukul: 00.10 WIB.

Informasi meninggalnya Robby Sugara diketahui dari akun facebook pengamat film Toto Soegriwo. Jenazah disemayamkan di rumah duka RS UKI dan pemakaman jenazah belum ada tanggal pasti. Awalnya, disebut Robby Sugara dalam sebuah pesan singkat akan dimakamkan pada Sabtu (15/6/2019) di Pondok Ranggon.

“Pemakaman akan di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2019 pukul 10.00 WIB tempat pemakaman akan di tentukan kemudian. Ibadah Penghiburan, Tutup Peti dan Pemakaman keluarga memohon agar di layani dari GBI Ciburay. Sekian informasi yg dapat disampaikan TYM,” tulis pesan singkat yang beredar di kalangan wartawan.

Akan tetapi, wartawan senior Ilham Bintang mengatakan Robby Sugara akan dimakamkan Jumat (14/6/2019). “Jumat siang di Pondok Ranggon jam 3, itu yang belum saya update lagi," tutur Ilham Bintang pada wartawan media online.

Sore itu, kenang Ilham, masih beraktivitas seperti biasa. “Lalu malamnya sesak napas. Dia meninggal itu bukan di rumah sakit, tapi dalam perjalanan ke rumah sakit,” kata Ilham, Kamis (13/6/2019).

Mengutip laman Wikipedia, Robby Sugara merupakan aktor yang populer di dunia seni peran medio 1970 silam. Namanya disejajarkan dengan sejumlah aktor dan aktris beken saat itu. Di antaranya Tanty Yosepha, Yenny Rachman, Yati Octavia, Doris Callebaute, dan Roy Marten.

Film terbaru actor gaek yang memiliki nama asli Robert Isaac Kaihena yang baru beredar, berjudul Jangan Sendirian.

Di masa keemasannya 1970-1980-an--Robby Sugara merupakan salah satu dari lima artis film yang mendapat julukan “ The Big Fives”. Maknanya: lima artis yang mendapat bayaran termahal. Empat artis lainnya: Roy Marten, Yenny Rachman, Yatie Octavia, dan Tanty Yoshepa.

 

Robby Sugara lahir di Malang, 1951, merupakan seorang aktor berdarah Jawa-Ambon-Belanda. Pada tahun 1975, aktor ini terkenal karena iklan pria Brisk yang dibintanginya. Ia merupakan salah seorang aktor kawakan pada periode 1970 hingga 1980-an.

Namanya dapat disejajarkan dengan Tanty Yosepha, Yenny Rachman, Yati Octavia, Doris Callebaute, dan Roy Marten. Ia menikah dengan Bertha Suwages dan memiliki tujuh anak.

Robby mengawali debutnya di film, tahun 1975. Tahun itu, ia membintangi lima film, di antaranya: 'Rahasia Perawan', 'Sentuhan Cinta', 'Wajah Tiga Perempuan', 'Ranjang Siang Ranjang Malam'.

Praktis sejak itu hingga tahun 1983 rata-rata tiap tahun, ia membintangi lima judul film. Setelah itu, ia menghilang hingga 2014. Robby muncul kembali tahun 2015 dan membintangi beberapa judul film dan sinetron, di antaranya “ Tersanjung” dan “ D’ Hijabers”.

Aktris Lydia Kandouw mengunggah kabar duka itu di whatsapp group “ C’Nior” beranggotakan insan film senior, Kamis pagi (13/6/2019). Belasan tahun talak tiga dengan dunia film, ternyata ia tengah menekuni bisnis air liur burung walet di Pangandaran, Banten.

“Sekitar enam bulan lalu, 17-19 Desember 2018, ia hadir dalam acara Reuni Artis yang digagas aktor Harry Capri di vilanya, daerah Bogor, Jawa Barat. Momen itulah pertemuan terakhir kami dengan Robby,” tulis Lydia Kandouw, ibu dari aktris Naysila Mirdad.

Dalam acara reuni itu, kenang Lydia, Robby tampak sehat bahkan sempat menyumbangkan lagu pada malam puncak acara reuni yang dihadiri puluhan artis kenamaan yang pernah mencapai kejayaan di masanya.

Seperti Rina Hassim, Ahmad Albar, Camelia Malik, Dana Christina, El Manik, Deddy Mizwar, Henky Tornado, Baby Zelvia, Harry Capri. Reuni itu dihadiri juga produser film Zairin Zain dan Firman Bintang. (net/ers)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Waduh, Tembok Sekolah SDN 01 Pasar Baru Tewaskan Perempuan

Headline / Data Terkini Korban Meninggal Akibat Banjir di Bengkulu

Kesra / Besaran Santunan Rp 36 Juta per Jiwa

Headline / Ini Jumlah Korban Banjir di Bengkulu


Baca Juga !.