Daerah

Mudik Lebaran Berjalan Sukses

Redaktur: Jakfar Shodik
Mudik Lebaran Berjalan Sukses - Daerah

MERAYAP - Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas tol Cikopo-Palimanan KM 80, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (8/6). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp. Insert Sejumlah kendaraan melintasi terowongan Lingkar Nagrek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/6). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.

indopos.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi gelaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Manajemen arus mudik dan balik Lebaran kali ini dinilai tidak sekadar sukses. Lebih dari itu, manajemen tahun ini terbaik dari edisi sebelum-sebelumnya.

Itu bisa dilihat dari sejumlah indicator. Misalnya, angka kecelakaan turun signifikan. Paling tidak angka kecelakaan turun lebih dari 60 persen. Selain itu, jumlah korban turun hingga sekitar 30 persen. ”Secara objektif,  tahun ini operasi ketupat sangat lancar,” tutur Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai menghadiri Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Lodaya 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyebut angka turun drastis tersebut menjadi tanda keberhasilan aparat keamanan. Terutama Polri dan TNI didukung masyarakat dalam mendukung Operasi Ketupat Lodaya 2019. ”Kami monitor dari berbagai wilayah termasuk salah satu kegiatan mudik adan balik yang terbaik. Kecelakaan turun lebih dari 60 persen, korban juga turun 30-an sekian persen. Itu menandakan kalau penurunan tersebut sebagai indikasi keberhasilan TNI, Polri, dan masyarakat,” sanjung Emil.

Untuk itu, atas nama Pemprov dan masyarakat Jabar, Emil mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, masyarakat, dan berbagai pihak lain. Seluruh elemen itu telah bekerja ekstra dalam mejaga keamanan dan ketertiban selama Lebaran tahun ini. Karena itu, prestasi tersebut terus dipertahankan di masa mendatang. Terlebih dengan masih berlangsungnya berbagai proyek pembangunan infrastruktur baru. ”Seperti Pak Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI) sampaikan, keberhasilan mudik tahun ini ada aspek faktor infrastruktur baru yang dipergunakan. Selain manajemen yang lain-lain, termasuk pengamanan oleh kepolisian, TNI, dan masyarakat,” ujar Emil.

Sementara itu, TNI dan Polri bertekad untuk terus menjaga keamanan di wilayah Jabar. Itu ditegaskan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono usai menjadi pemimpin Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Lodaya 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang PHPU. ”Saya dengan Pak Kapolda menjaga Jabar. Karena kalau Jabar aman pasti pembangunan akan lancar. Kita akan mendukung Pak Gubernur all out,” tegas Tri.

Selain itu, soliditas TNI bersama kepolisian juga berkomitmen akan terus dijaga. Menurut Tri, soliditas TNI dan Polri tersebut bisa terlihat di lapangan. Di mana, dua institusi tersebut selalu berjalan beriringan. Kompak dalam satu barisan. ”Kami (TNI dan Polri) bekerja sama dengan erat. Bisa dilihat di lapangan setiap saat selalu bergandengan tangan demi mewujudkan Jabar yang aman, Jabar yang juara,” imbub Tri.

Oleh karena itu, Tri menjamin soliditas TNI dan Polri tidak bakal terkoyak. Kedua pelindung keamanan negara tersebut berkomitmen akan menindak tegas oknum TNI tidak solid. Tidak boleh ada oknum yang mencoba mengacau. ”Karena itu kalau kita tidak tindak tegas akan menjadi bibit-bibit yang tidak bagus,” ucap Tri. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / 1,1 Juta Kendaraan Balik Jakarta

Feature / Kisah Kru Pesawat yang Berlebaran di Angkasa

Nasional / H-2 Lebaran, Jumlah Penumpang Kereta Api Naik 11 Persen

Headline / Pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok Sebanyak 40 Ribu Lebih

Daerah / Hingga Malam Ini, Jalur Pantura Karawang Lancar

Daerah / Para Pemudik Ini Terpaksa Malam Takbiran di Laut


Baca Juga !.