Internasional

Menlu AS Pompeo Kembali Salahkan Iran terkait Serangan Dua Kapal Tanker

Redaktur: Heryanto
Menlu AS Pompeo Kembali Salahkan Iran terkait Serangan Dua Kapal Tanker - Internasional

Menteri luar negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mengatakan Washington akan menjamin navigasi gratis melalui area pengiriman vital.

indopos.co.id - Menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo kembali menyalahkan Iran terkait serangan kapal tanker. Minggu (16/6/2019), Pompeo mengatakan, AS tidak ingin berperang dengan Iran, setelah serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman pekan lalu.

Pompeo menegaskan kembali, AS yakin Iran bertanggung jawab atas serangan itu, dalam sebuah wawancara dengan Fox News Sunday. Dia menekankan perlunya diplomasi dan mengatakan pejabat Amerika sedang menjangkau rekan-rekan asing mereka.

“Presiden Trump telah melakukan semua yang dia bisa untuk menghindari perang. Kami tidak ingin perang,” tambah Pompeo, dilansir the Guardian.

Presiden AS itu dituduh telah memukul genderang perang dengan pernyataannya baru-baru ini terhadap Iran.

Pompeo mengatakan para pejabat intelijen memiliki banyak data dan banyak bukti terkait Iran yang diduga telah melancarkan serangan terhadap dua kapal tanker minyak yang melakukan perjalanan di dekat Selat Hormuz, rute transit pengiriman minyak Arab ke Asia.

Namun, ia tidak memberikan detail lebih banyak. Pompeo mengatakan Washington akan menjamin navigasi gratis melalui area pengiriman vital.

“Amerika Serikat akan memastikan bahwa kami mengambil semua tindakan yang diperlukan, baik diplomatik atau tidak untuk mencapai hasil itu,” kata Pompeo.

Ketegangan AS-Iran sangat tinggi menyusul tuduhan oleh pemerintahan Trump bahwa Teheran melakukan serangan pada Kamis (13/6/2019) lalu pada dua kapal tanker minyak di Teluk Oman. Iran membantah memiliki peran apa pun.

“Komunitas intelijen memiliki banyak data, banyak bukti. Dunia akan datang untuk melihatnya,” kata Pompeo, yang memimpin Badan Intelijen Pusat sebelum menjadi menteri luar negeri.

Pompeo mengatakan dia tidak ingin membahas langkah-langkah selanjutnya yang mungkin diambil Amerika Serikat sebagai tanggapan atas perkembangan pekan lalu.

“Iran tidak akan mendapatkan senjata nuklir. Itulah tujuannya,” katanya ketika ditanya tentang kemungkinan Trump mengirim lebih banyak pasukan AS dan perangkat keras militer ke wilayah tersebut.

“Saya menelepon sejumlah rekan kerja di seluruh dunia kemarin. Saya yakin kami akan memiliki mitra yang memahami ancaman ini,” ungkapnya.

Komentar Pompeo datang setelah Mohammed bin Salman berbicara di depan umum untuk pertama kalinya sejak serangan kedua terhadap kapal tanker minyak Saudi di Teluk Oman. Ia menyalahkan saingannya Iran dan bersumpah bahwa Arab Saudi tidak akan ragu untuk berurusan dengan ancaman yang menyangkut kepentingan kerajaan.

“Kami tidak ingin perang di wilayah ini, tapi kami tidak akan ragu untuk menghadapi ancaman apa pun terhadap rakyat kami, kedaulatan kita, integritas teritorial kita dan kepentingan vital kita,” kata putera mahkota itu, menurut sebuah wawancara untuk harian pan-Arab Asharq al-Awsat, yang diterbitkan pada hari Minggu.

Menteri luar negeri Inggris, Jeremy Hunt, mengatakan pada hari Minggu Inggris hampir yakin Iran berada di balik serangan kapal tanker minyak, menambahkan bahwa London tidak percaya orang lain bisa melakukannya. “Risiko besar dari situasi kita sekarang adalah kedua belah pihak dalam perselisihan ini berpikir pihak lain tidak akan menginginkan perang,” kata Hunt.

Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Pete Buttigieg, mengkritik pernyataan pemerintahan Trump tentang Iran pada hari Minggu. “Apa yang kita lihat dari Gedung Putih adalah sesuatu yang mengingatkan kita pada jenis percepatan pukulan genderang yang membuat kita terlibat dalam perang di Irak,” katanya di Meet the Press NBC. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Trump Klaim Jatuhkan Pesawat Tanpa Awak Iran

Internasional / Inggris Bebaskan Tanker Iran Asalkan Tak ke Suriah

Internasional / Ulama Minta Inggris Sebaikya Dibuat Takut Akan Balasan Serangan Iran

Internasional / Ancam AS, Iran Tak Ingin Berperang

Internasional / Trump Batalkan Serangan Militer AS ke Iran


Baca Juga !.