Megapolitan

Polemik IMB Reklamasi, Gerindra Angkat Bicara

Redaktur: Darul Fatah
Polemik IMB Reklamasi, Gerindra Angkat Bicara - Megapolitan

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id – Terkait penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) di pulau reklamasi, Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta persilakan anggota DPRD DKI Jakarta menggunakan hak interpelasi ke Gubernur Anies Baswedan.

Sebab, interpelasi merupakan hak anggota dewan untuk menanyakan kebijakan kepala daerah. Termasuk dalam hal penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) di pulau reklamasi. "Silakan saja. (Tapi) apa yang mau diinterpelasi. Saya pikir semua anggota dewan perlu itu. Tapi kan (syaratnya) 2/3 anggota untuk yang interpelasi. Itu kan sudah ada bangunannya," ujar ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni di Jakarta, Senin (17/6/2019).

Menurut Ghoni, IMB tidak bisa dijadikan alat bukti kepemilikan bangunan di atas pulau reklamasi. Izin itu diterbitkan untuk memenuhi persyaratan semata. Terlebih, banyak pihak yang berkepentingan atas pulau reklamasi itu, seperti pemerintah pusat dan pengembang.

"Kita tidak masuk ranah (interpelasi) itu. Karena Pak Anies, rekomendasi dari Gerindra dan PKS. Saya juga belum yakin Pak Anies yang keluarkan izin, memerintahkan citata (Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan)," kata dia.

Dia menyarankan Gubernur DKI Jakarta segera menghentikan polemik penerbitan IMB di pulau reklamasi dengan mengundang sejumlah pihak terkait. Penyelesaian polemik reklamasi, sambung Ghoni, bisa dilakukan dengan melanjutkan pembahasan Rancangan Perda Zonasi Kawasan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil sebagai payung hukum penerbitan IMB.

"Daripada pandangannya beda-beda, kita tunggu lah (pembahasan Raperda zonasi kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil). Raperda selesai nanti akan tertera disitu aturan mainnya. Citata harus berikan informasi yang benar atau keinginan itu harus disampaikan. tidak boleh tertutup," tukas Ghoni. (rul)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Jakarta-Palestina Bangun Hubungan Ekonomi

Megapolitan / Belum Ada Kepastian Kursi Wagub DKI akan Terisi

Megapolitan / Penyerapan Anggaran KJP 2019 Meningkat, Ini Penyebabnya..

Megapolitan / Anggaran 2018, DKI Defisit Ratusan Miliar

Megapolitan / Pembongkaran Seni Getah-Getih Tuai Sorotan


Baca Juga !.