Megapolitan

Makam Pangeran Jayakarta Segera Direstorasi

Redaktur:
Makam Pangeran Jayakarta Segera Direstorasi - Megapolitan

Foto: Net

indopos.co.id - Ancang-ancang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merestorasi Komplek Makam Pangeran Jayakarta sejak awal 2019 dipastikan Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar terlaksana tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Anwar usai berziarah ke Makam Pangeran Jayakarta bersama jajarannya dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-492 di Jalan Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur pada Senin (17/6/2019) siang.

Restorasi seluruh komplek Makam Pangeran Jayakarta yang meliputi Masjid Jami Assalafiiyah, antara lain makam Pangeran Jayakarta, Pangeran Lahut dari anak Pangeran Jayakarta serta keponakan Pangeran Jayakarta, yakni Pangeran Soeria dan Pangeran Sageri. Selain itu, Istri Pangeran Jayakarta, Ratu Rupiah.

Tidak hanya itu, pemugaran komplek seluas 3.000 meter persegi juga akan menghadirkan pujasera dan toko souvenir. Sehingga pihaknya melakukan perluasan dengan membebaskan lahan di sekitar Komplek Pangeran Jayakarta.

”Keasliannya tidak akan kita ubah, tapi yang harus diperbaiki kita perbaiki. Termasuk menghadirkan kuliner, seperti adanya foodcourt juga adanya souvenir,” ucapnya.

Kehadiran pujasera dan toko souvenir tersebut, lanjutnya, tidak akan mempengaruhi kesakralan dan keaslian Kompleks Makam Pangeran Jayakarta. Pemugaran dilakukan sebagai bentuk pelestarian.

Namun, rencana tersebut masih terkendala pembebasan lahan milik warga yang berbatasan langsung dengan Komplek Makam Pangeran Jayakarta. Tercatat, ada sebanyak enam bidang lahan yang harus dibebaskan.

”Dari enam bidang, saat ini baru dua bidang yang sudah siap dibebaskan. Masih ada empat lagi. Tentunya nanti kita akan upayakan untuk lakukan pembebasan. Ini harus kita lestarikan dan kita bangun kembali. Insya Allah tahun ini,” ujar Anwar.

Sementara, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali bersama jajaran, juga ziarah ke makam para pahlawan, yang berada di TPU Tanah Kusir, Jl. Raya Bintaro, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Senin (17/6/2019) siang.

”Ini sebagai ungkapan rasa syukur kita bahwasanya kita akan memperingati HUT DKI Jakarta yang ke-492 pada tanggal 22 Juni 2019 nanti,” ucap Marullah usai ziarah.

Dalam kesempatan itu, ia juga berziarah ke makam Buya Hamka, Bung Hatta, juga orang yang berjasa bagi Jakarta seperti Ali Sadikin. ”Kita berziarah ke makam-makam orang yang berjasa bagi Jakarta. Tadi kita berziarah bersama dengan teman-teman se-Jakarta Selatan pertama ke makam Gubernur DKI Jakarta pada periode yaitu Ali Sadikin kemudian ke makam Wali Kota Jakarta Selatan pasca periodenya Muchtar Zakaria dan Moh Kahfi,” ucapnya.

Marullah berharap, semoga di HUT Jakarta ke-492 ini, Jakarta semakin diberikan kemudahan dalam mensejahterakan masyarakatnya. ”Kalau gubernur mengatakan, maju kotanya bahagia warganya,” tutupnya. (ibl)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Abang None Simbol Kebudayaan Jakarta

Megapolitan / Anies Disebut Tidak Memenuhi Empat Syarat Pemberian IMB di Pulau D

Megapolitan / Lima SKPD Tidur, Program Dinas Perkim Terburuk

Megapolitan / Menteri LHK: Kualitas Udara Jakarta Baik dan Sehat

Megapolitan / Kena Revitalisasi Trotoar, Warga Kemang Minta Ganti Rugi


Baca Juga !.