Internasional

Kali Pertama, Presiden Tiongkok akan Kunjungi Korea Utara

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Kali Pertama, Presiden Tiongkok akan Kunjungi Korea Utara - Internasional

Kim Jong-un (kiri) saat bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Maret 2018.

indopos.co.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping akan tiba di Korea Utara pada Kamis (20/6/2019) untuk kunjungan kenegaraan selama dua hari, kunjungan tersebut merupakan perjalanan resmi pertamanya ke negara itu sejak ia berkuasa pada tahun 2012.

Xi melakukan perjalanan itu atas undangan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, lapor Xinhua, Senin (17/6/2019). Media pemerintah Korea Utara juga membenarkan kunjungan itu.

Pertemuan itu berlangsung seminggu sebelum KTT G-20 di Jepang, di mana Xi diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan ketika negosiasi nuklir antara Korea Utara dan Amerika Serikat terhenti.

Hubungan antara kedua negara itu telah sangat dingin hingga baru-baru ini di bawah kepemimpinan Korea Utara. Tetapi kunjungan tak terduga Kim ke Tiongkok pada Maret 2018 menandakan dimulainya era baru hubungan antara Beijing dan Pyongyang.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Kim telah menyingkirkan beberapa pejabat penting yang memiliki hubungan dekat dengan Beijing, termasuk pamannya Jang Song Thaek. Dia juga membuat marah Tiongkok melalui uji coba rudal dan nuklirnya yang provokatif, yang bertentangan dengan tujuan Beijing untuk denuklirisasi semenanjung Korea.

Namun sejak kunjungan itu awal tahun lalu, Xi dan Kim telah bertemu hingga empat kali. Tiongkok bahkan meminjamkan sebuah pesawat pada pemimpin muda Korea Utara itu untuk menghadiri pertemuan puncak pada Juni 2018 dengan Trump di Singapura. Presiden Tiongkok itu awalnya dikabarkan akan merencanakan kunjungan ke Pyongyang pada bulan yang sama, tetapi perjalanan itu tidak pernah terwujud.

Xi akan menjadi pemimpin Tiongkok pertama yang mengunjungi Korea Utara setelah pendahulunya, Hu Jintao mengunjungi negara itu pada 2005. Tiongkok adalah mitra dagang dan ekonomi nomor satu Korea Utara, dan satu-satunya sekutu militer utama Pyongyang.

Korea Selatan mengatakan pada Senin (17/6/2019) bahwa mereka berharap kunjungan Xi ke Korea Utara akan membantu upaya menuju denuklirisasi dan perdamaian di semenanjung Korea. Dalam pernyataan tertulis, juru bicara Gedung Biru Presiden Korea Selatan mengatakan pemerintah telah mengetahui niat Xi untuk mengunjungi Korea Utara sejak pekan lalu.

“Seoul telah bekerja sama dengan pemerintah Tiongkok dengan keyakinan bahwa kunjungan Presiden Xi Jinping akan berkontribusi pada resolusi damai masalah semenanjung Korea,” kata juru bicara itu. Korea Selatan dan Cina telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan bilateral pada G-20 minggu depan dan rincian pertemuan masih dibahas. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Korea Utara Rayakan Kedatangan Presiden Tingkong Xi Jinping

Politik / Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat untuk Jokowi


Baca Juga !.