Banten Raya

Ratusan Guru PAUD di Lebak Butuh Tambahan Honor

Redaktur: Syaripudin
Ratusan Guru PAUD di Lebak Butuh Tambahan Honor - Banten Raya

Ilustrasi

indopos.co.id -Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di pedalaman Kabupaten Lebak, membutuhkan bantuan honor guna mensukseskan keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.

 "Kami mendidik anak-anak tanpa honor sehubungan dihapusnya anggaran dana desa. Sebelumnya, kami menerima honor dari dana desa Rp 500.000 per bulan," kata Kepala PAUD Wibana Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung Apriyanti usai merayakan kelulusan peserta didik di Lebak, Selasa (18/6/2019).

Begitu juga guru PAUD Wibana, Upit Sarimanah mengatakan dirinya mengajar tanpa honor sejak dihapus anggaran dana desa. Saat ini, pengelola PAUD sangat membutuhkan bantuan honor maupun sarana media pembelajaran. ”Kami minta dana desa kembali diperbolehkan untuk memberikan honor guru PAUD itu," katanya.

Kabid Pendidikan Anak Usia Dini NonFormal dan Informal (PAUDNI) Disdikbud Kabupaten Lebak Abdul Malik mengatakan secara umum PAUD di daerah ini berkembang karena dari 340 desa di daerah ini hanya delapan desa yang belum memiliki PAUD.

Saat ini jumlah lembaga PAUD tercatat 768 unit dengan siswa sebanyak 25.884 anak dan tenaga pengajar 676 guru. Lembaga PAUD di Kabupaten Lebak jauh berkembang dibandingkan lima tahun lalu tetapi, kebanyakan PAUD tersebut didirikan oleh masyarakat dan hanya 10 lembaga yang berstatus negeri.

Karena itu, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas PAUD dengan mengoptimalkan pelatihan-pelatihan, pembinaan, hingga workshop. ”Kami optimistis ke depan semua desa sudah memiliki PAUD itu," katanya.

 Ia menyebutkan, Pemkab Lebak juga memperhatikan PAUD dengan memberikan BOP melalui DAK Kabupaten Lebak. Para siswa menerima BOP sebesar Rp 600 ribu/anak guna menunjang semangat masyarakat untuk membangun pendidikan usia emas. (ant)


 

Baca Juga


Berita Terkait

Banten Raya / Pendaftar Membludak, SMAN 1 Petir di Kabupaten Serang Butuh RKB

Lifestyle / Mau Anak Pede di Hari Pertama Sekolah? Coba Tips ini

Nasional / Satgas Zonasi Pendidikan untuk Bantu Pemerintah Daerah

Nasional / Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan

Viral / Viral, Sekolah Ini Punya Tangga Khusus Perempuan


Baca Juga !.