Hari Skateboarding Dunia, Ini Sejarahnya

indopos.co.id – Hari ini, para skateboarder (pemain papan luncur) dunia merayakan Skateboarding Day. Selama sehari penuh skatepark seluruh Jabodetabek bakal dipenuhi pemain skateboard. 

“Hari ini para pemain pro (profesional) kumpul di BSD Xtreme Park, banyak trik-trik dan atraksi mereka bisa kita liat, gratis,” kata Coach Khaitami dari Green Skate Lesson (GSL), Jumat (21/6/2019). Hari ini di BSD Xtreme Park akan digelar Tangerang Go Skate Day 2019 dimeriahkan para pemain profesional, skateboarder artist, best costume dan ada give away alias gratis hadiah-hadiah menarik. 

Baca Juga :

Sabet Perak-Perunggu, Skateboard Merasa Puas

Dari berbagai sumber, 21 Juni merupakan Hari Skateboarding Dunia. Hari itu merupakan pestanya pemain skateboard di seluruh dunia. Negara yang identik dengan skateboard adalah Amerika Serikat dan Spanyol. Yuk, ini sejarahnya!

Skateboarding pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1940 – 1950-an oleh Frank Nasworthy peselancar dari California, yang pada saat itu ingin mencari alternatif lain bermain surfing ketika air laut tidak berombak. Mulai saat itulah permainan skateboard dilakukan, dan papan pertama yang dibuat hampir mirip dengan papan surfing, namun ukurannya agak kecil dan diberi ban roller skate.

Pada tahun 1970-an, Frank Nasworthy membuat ban skateboard dari bahan polyurethane atau yang biasa disebut Cadillac. Dengan dibuatnya ban baru skateboard tersebut, membuat popularitas skateboard berkembang pesat. Banyak perusahan pabrik di California yang memodifikasi papan – papan skateboard. Seiring berkembangnya olahraga ini, banyak sekali modifikasi yang akhirnya melahirkan papan skateboarding seperti sekarang.

Skateboard mulai masuk ke Indonesia pada tahun 80-an. Para pecinta skate di Indonesia mendapatkan informasi seputar skate di dunia melalui video-video dan membaca majalah skateboard dari luar negeri. Seiring berjalannya waktu, olahraga yang tergolong ekstrim ini semakin berkembang di anak muda Indonesia bahkan sampai anak-anak.

Baca Juga :

Khaitami menjelaskan permainan skateboard dapat dikenalkan sejak usia 3 tahun atau dimana anak bisa diajak komunikasi. “Makin dini diajarkan makin bagus, beberapa tahun belakangan ini makin gencar,” katanya.

Dengan semakin dicintainya olahraga skateboard itu, lanjutnya, mulailah muncul event – event kejuaraan skateboard di Indonesia. Melahirkan banyak komunitas skateboarding dan tentunya atlet skateboarding. (vit)

 

Komentar telah ditutup.