Kesra

BPJS Ketengaakerjaan Gerebek Pengemudi Ojol

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
BPJS Ketengaakerjaan Gerebek Pengemudi Ojol - Kesra

RAMAI-Pendaftaran Grab Bike di Mal Grand Cakung Jakarta Timur.FOTO: BPJSTK

indopos.co.id - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Pulo Gebang bekerja sama dengan pengelola Mal Grand Cakung  dan Grab Bike Indonesia membuka layanan pendaftaran program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk pengemudi ojek online (ojol). Kegiatan tersebut dalam rangka melindungi pengemudi ojol dari risiko profesinya.

“Salah satu persayaratan menjadi pengemudi Grab Bike adalah harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal mengikuti dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” kata M. Dian Priyanto selaku pengelola Mal Grand Cakung Jakarta Timur, (23/06/2019).

Dikatakan, ojol merupakan salah satu profesi pekerjaan dengan memiliki risiko kerja tinggi. karena pengemudi ojol termasuk kedalam pekerja mandiri dan berstatus mitra kerja dari perusahaan aplikasi online. "Artinya, mereka bertanggung jawab atas risiko pekerjaanya sendiri,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pulo Gebang Muhammad Agil Alhabsyi.

Agil menambahkan peserta yang mau menjadi pengemudi Grab Bike sangat antusias untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karena itu merupakan salah satu perlindungan yang diberikan pemerintah di luar asuransi yang diberikan oleh Grab Bike itu sendiri.

Menurut salah satu calon pengemudi Grab Bike Aldi sangat membutuhkan jaminan sosial seperti ini.“Saya melihat salah satu persyaratannya yaitu harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan saya langsung daftar karena sebelumnya sudah mendapatkan info tentang BPJS Ketenagakerjaan dari pengemudi ojek online yang sudah menjadi peserta,” kata Aldi.

Dengan Rp16.800 calon pengemudi ojek online Grab Bike langsung terlindungi dengan dua manfaat program BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dengan iuran semurah itu program JKK memberikan manfaat jaminan dari negara yakni pemulihan kecelakaan kerja yang tanpa batas biaya dan tanpa batas waktu alias unlimited.

Salah satu karyawan BPJS Ketenagakerjaan  Risky Waridah Hasibuan menambahkan, ada ratusan orang yang mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan rela antri dari stand sebelum dibuka.

“Selain menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mereka juga mendapatkan manfaat seperti program Co-Marketing Dalam program ini, peserta BPJS Ketengakerjaan bisa mendapatkan potongan harga atau diskon di merchant atau tenant yang telah bekerja sama, seperti misalnya diskon hotel, belanja, tiket transportasi, layanan jasa,” kata Risky.(dni)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.