Nasional

PKB Pertahankan Kursi Menteri Desa PDTT

Redaktur: Darul Fatah
PKB Pertahankan Kursi Menteri Desa PDTT - Nasional

PKB

indopos.co.id - Ternyata ada satu pos menteri yang tetap diincar oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Yakni Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). Padahal, Muhaimin Iskandar selaku ketua umum sebelumnya mengaku tidak mengharapkan kursi apapun dari kabinet Jokowi-Ma'ruf kedepan.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar berharap Kementerian Desa, PDTT tetap dipimpin oleh kader PKB di kabinet Jokowi-Ma’ruf.  "Semoga tidak terjadi (dipimpin kader Parpol lain, Red). Moga-moga masih PKB," kata pria yang akrab disapa Cak Imin ini, Minggu (23/6/2019).

Ditanya soal jatah kursi menteri yang diminta PKB kepada Jokowi-Ma’ruf? Muhaimin mengaku belum mengajukan hal tersebut. "Belum ada pembicaraan. Presiden bilang akan ada waktu khusus untuk disediakan untuk semua stakeholder pendukung Pak Jokowi untuk diajak diskusi (soal menteri, red). Semua bersifat masukan," ujar dia.

Selain itu, Cak Imin juga belum membuat daftar nama kader-kader terbaik PKB yang diproyeksi akan masuk ke dalam kabinet. Meski demikian, dia tidak menampik jika bakal ada kader PKB dari Jawa Barat yang akan diproyeksikan menjadi menteri. "Daftar nama belum ada. (Kader dari Jawa Barat, Red) Insya Allah ada,” imbuhnya.

Terpisah, Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar mengatakan, pihaknya selalu menyiapkan stok kader jika diminta menjadi menteri di pemerintahan Jokowi. "Siap sejak dulu. Cuma geraknya ini yang jadi kalau persiapan itu sebetulnya banyak kader-kader itu, tapi kapan maju jalannya kan gitu. Hanya siap saja, enggak maju-maju. Ya, memang ada. Tapi, nantilah itu, kita lihat," ucap Miftachul di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Dia menuturkan, semuanya diserahkan kepada PBNU. Siapa saja yang disiapkan nanti. "Itu semua diserahkan semua pada NU," pungkas dia. Sebelumnya, PKB mengurungkan niatnya meminta jatah kursi 10 menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf nanti. Alasannya, partai besutan Abdurahman Wahid (Gus Dur) itu saat ini sudah tak mengharapkan pos apapun. Namun, bila dipercaya diberikan posisi bakal melaksanakan tiga agenda prioritas. (aen)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / PAN Gabung KIK, PKB Menolak

Politik / Terkait Kabinet, Dewan Syura PKB Punya Saran kepada Jokowi

Politik / Golkar dan PKB Kian Sengit Memperebutkan Kursi Ketua MPR

Headline / PKB Tolak Pemulangan HRS jadi Syarat Rekonsiliasi

Headline / PKB Serahkan 10 Nama Menteri, Tidak Termasuk NU

Headline / Calon Menteri Kabinet Baru, PKB tak Berharap Pos Mana Pun


Baca Juga !.