Headline

Hari Ini Dijadwalkan Sidang Perdana Mantan Dirut PLN Sofyan Basir

Redaktur: Heryanto
Hari Ini Dijadwalkan Sidang Perdana Mantan Dirut PLN Sofyan Basir - Headline

indopos.co.id -  Pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Jakarta akan menggelar sidang perdana dengan terdakwa mantan Direktur utama (Dirut) PLN Sofyan Basir atas perkara suap kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1, hari ini Senin (24/6/2019).

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membeberkan peran Sofyan terkait dugaan tindak pidana korupsi pada perkara PLTU Riau-1 yang dituangkan dalam surat dakwaan.

Persidangan mengagendakan pembacaan surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam proses penyidikan sejak 22 April 2019, telah dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 74 orang saksi dari berbagai unsur.

Beberapa di antaranya yakni Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan pejabat di PT PLN. Kemudian, pihak PT Samantaka Batubara, anggota DPR RI, mantan pengurus Partai Golkar dan pihak swasta lain.

“Sidang pembacaan dakwaan dijadwalkan pukul 10.00 WIB di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Pak Sofyan dalam kondisi sehat dan siap menghadiri sidang perdana. Insya Allah sehat,” ujar Kuasa Hukum Sofyan Basir, Soesilo Aribowo melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Minggu (23/6/20919).

KPK menduga Sofyan Basir membantu mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan kawan-kawan dalam memuluskan langkah pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo untuk mendapatkan proyek PLTU Riau-1.

KPK juga menduga pada 2016, Sofyan menunjuk Kotjo untuk mengerjakan mega proyek listrik itu meskipun belum terbit Peraturan Presiden (PP) Nomor 4 tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan yang menugaskan PT PLN (Persero) menyelenggarakan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan (PIK) (ers/net)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.