Internasional

Meghan dan Harry Gunakan Uang Negara untuk Renovasi Rumah Baru

Redaktur: Heryanto
Meghan dan Harry Gunakan Uang Negara untuk Renovasi Rumah Baru - Internasional

Meghan Markle dan Pangeran Harry habiskan hingga IDR 43,2 miliar uang negara untuk merenovasi rumah baru mereka.

indopos.co.id - Meghan Markle dan Pangeran Harry, Duke dan Duchess of Sussex menghabiskan anggaran GBP 2,4 juta, sekitar IDR 43,2 miliar, uang negara negara untuk renovasi rumah baru mereka.

Laporan keuangan tahunan terbaru Rumah Tangga Kerajaan menyebut, kediaman resmi pasangan itu, Frogmore Cottage yang terletak di sudut Windsor Estate, sebelah barat London, telah mengalami perubahan struktural untuk membawa lima unit bergaya asrama kecil ke dalam satu rumah dengan fasilitas modern untuk keluarga kecil mereka.

Meghan dan Harry pindah ke gedung kelas II sebelum kedatangan bayi mereka pada Mei. Pekerjaan tersebut termasuk penghapusan cerobong asap, pembaruan atap, tangga baru, instalasi perapian dan lantai kayu yang baru.

Semuanya dirinci dalam perencanaan dokumen aplikasi ke dewan lokal. Surat kabar tabloid Inggris berspekulasi bahwa lantai itu mungkin untuk ruang yoga ibu dan bayi, tetapi Istana Buckingham mengatakan laporan itu salah.

Menurut istana, satu-satunya lantai kayu di pondok itu berada di area dapur utama dan diminta oleh perencana untuk sementara waktu melindungi lantai lama di bawahnya selama konstruksi.

Sovereign Grant, yang merupakan sumber pembiayaan untuk membayar gaji staf Ratu, pemeliharaan istana dan tugas resmi kerajaan, termasuk perjalanan, mengatakan hanya membayar tagihan untuk renovasi.  Sedangkan biaya semua perlengkapan dan perabotan dibayar secara pribadi oleh Duke dan Duchess.

Total akun Sovereign Grant, yang baru saja dirilis untuk umum, mengungkapkan bahwa negara monarki itu membebani GBP 67 juta (sekitar IDR 1,2 triliun) pada pembayar pajak periode 2018-2019, naik 41 persen dari tahun sebelumnya.

Kelompok anti monarki, Republik, menyebut kenaikan pengeluaran kerajaan sangat memalukan. Mereka mengutip renovasi Frogmore Cottage dan biaya perjalanan untuk Pangeran Charles, di antara biaya-biaya lainnya.

“Peningkatan tahun ini sangat memalukan dan di saat adanya pemotongan belanja yang meluas. Tapi ini hanya salah satu detail dalam sejumlah skandal,” kata Graham Smith, kepala Republik.

“Jika bahkan satu sekolah atau rumah sakit menghadapi pemotongan, kita tidak dapat membenarkan pengeluaran satu sen pun untuk bangsawan. Namun dengan semua layanan publik di bawah tekanan keuangan yang kuat, kita melempar GBP 2,4 juta ke rumah baru untuk Harry. Ini adalah korupsi yang disembunyikan di depan mata,” tegasnya.

Menurut Istana Buckingham, sebagian besar dari lonjakan GBP 20 juta (sekitar IDR 360 miliar) adalah karena tingkat pengeluaran untuk properti yang lebih tinggi. Sebagian besar dari pengeluaran itu digunakan untuk renovasi besar-besaran ke Istana Buckingham sendiri. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Pangeran Harry dan Meghan Markle Pindah ke Windsor Estate

Internasional / Royal Wedding Pangeran Harry-Meghan Markle tanpa Tokoh Politik

Internasional / Meghan Markle-Pangeran Harry Bicara Kegiatan Pernikahannya

Internasional / Terciduk! Meghan Markle Dampingi Pangeran Harry pada Acara Resmi

Internasional / Akan Dinikahi Pangeran Harry, Begini Gaya Rambut Meghan Markle

Internasional / Pangeran Harry Segera Lepas Masa Lajang


Baca Juga !.