Nasional

PA 212 Janji Aksi secara Damai

Redaktur: Darul Fatah
PA 212 Janji Aksi secara Damai - Nasional

Foto: Suhartono/INDOPOS

indopos.co.id – Persaudaraan Alumni (PA) 212 tetap akan gelar aksi halal bi halal di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengawal proses persidangan gugatan pilpres. Meski aksi itu tidak mendapatkan izin dari kepolisian.

Ketua Divisi Hukum PA 212 Damai Hari Lubis mengatakan, sesuai peraturan undang-undang unjuk rasa, untuk menggelar aksi cukup pemberitahuan kepada kepolisian. "Bukan izin dari kepolisian. Informasi yang kami dapatkan dari panitia perihal surat pemberitahuan oleh penyelenggara halal bi halal Alumni Akbar 212 sudah diberikan kepada aparat yang berwajib," ujar dia.

Ia mengatakan, dalam aksi damai ini diperkirakan massa yang akan hadir ke Jakarta hampir satu juta orang. "Diperkirakan minimal satu juta peserta atau lebih," ucap dia. Lubis meyakini bahwa satu juta massa tersebut akan melalukan aksi secara damai. Bahkan, pihaknya juga sudah melakukan siaga untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan.

"Tidak boleh melakukan anarki. Bila ada maka itu adalah tanggung jawab pribadi pelaku anarki dan proses penanggulangan dan antisipasinya menjadi kewenangan dan tanggung jawab pihak keamanan negara," tutur dia.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi menyatakan akan memajukan jadwal pembacaan putusan untuk perkara perselisihan hasil pemilihan presiden dan wakil presiden (sengketa Pilpres) 2019, yang semula dijadwalkan pada Jumat (28/6) menjadi Kamis (27/6).

Sebanyak 47 ribu aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan pemerintah daerah disiagakan untuk mengamankan objek-objek vital di Ibu Kota DKI Jakarta jelang putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Mahkamah Konstitusi. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / MK Dengar Jawaban KPU untuk 44 Perkara

Hukum / Hakim MK Minta Saksi Berkualitas

Nasional / Sengketa Pileg, C1 Pengawas TPS Jadi Andalan Bawaslu

Nasional / Hakim Konstitusi Pertama, Natabaya Meninggal Dunia

Politik / Suara Luar Negeri Parpol Terindikasi Hilang


Baca Juga !.