Megapolitan

Wajah Baru Jakarta untuk Kampung Akuarium?

Redaktur: Darul Fatah
Wajah Baru Jakarta untuk Kampung Akuarium? - Megapolitan

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - DKI Jakarta telah memasuki usia 492 tahun. Pada HUT itu, Jakarta mengusung tema ‘Wajah Baru Jakarta’. Anies menginginkan perubahan Jakarta dilakukan dengan kolaborasi baik perorangan dengan pemerintah maupun swasta dengan pemerintah.

Menurut Anies, wajah baru bukan hanya merubah penampilan tetapi juga pola pikir warganya. Ia juga ingin Jakarta sebagai tolok ukur bagi wilayah lain di Indonesia agar semakin banyak warganya yang mau berkontribusi untuk membangun Jakarta.

Wajah baru yang digembor-gemborkan Pemprov DKI Jakarta semakin menguatkan nafas harapan warga Kampung Akuarium. Mereka berharap, Kampung Akuarium menjadi titik awal wajah baru Jakarta.

Sejak tahun 2018, beragam perencanaan muncul untuk membangun kembali Kampung Akuarium. Adapun peta konsep pembangunan melibatkan organisasi pemerintah dan non pemerintah yang tergabung dalam Community Action Plan (CAP).

Koordinator Warga Kampung Akuarium Dharma Diani mengatakan, ada beberapa desain yang telah disiapkan untuk membangun kembali perkampungan di RT12 RW4 Kelurahan/Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara itu.

Dharma mengatakan desain pertama yakni konsep kampung susun dengan kontainer. Selain itu, ada rancangan dari Rujak Center for Urban Studies yang memadukan unsur perkampungan secara vertikal dengan konsep bahari, terakhir rancangan dari pemerintah DKI. "Kami belum tahu nanti desain yang diterapkan seperti apa. Yang jelas kami ingin agar bisa segera di bangun," kata Dharma.

Selain membangun pemukiman permanen, salah satu janji Anies kepada warga Kampung Akuarium yang lainnya yakni mengembangkan potensi wisata dan mengembangkan roda ekonomi di sana. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Kata Pengamat, Kampung Akurium Harus Sesuai Peruntukan

Megapolitan / Menanti Kepastian, Inilah Pengakuan Warga Kampung Akuarium

Megapolitan / Menanti Kepastian, Inilah Pengakuan Warga Kampung Akuarium

Jakarta Raya / Kampung Akuarium Segera Dibangun

Jakarta Raya / Kampung Akuarium Bakal Dialiri Air Bersih

Jakarta Raya / Warga Kampung Akuarium Dibekali Keterampilan


Baca Juga !.