Yuk Intip Keseruan Kemah Bawah Laut di Ancol Taman Impian

indopos.co.id – Camping atau kegiatan berkemah lazim dilakukan di kawasan wisata seperti pegunungan atau pinggir pantai. Namun kini ada kegiatan berkemah yang berbeda di Ancol yaitu camping/ berkemah di dalam kawasan wisata aquarium terbesar di Indonesia, Sea World Ancol. Ya, “Camping Under The Sea” akan berlangsung selama dua hari mulai 6 sampai 7 Juli 2019.

Division Head Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol ungkap Rika Sudranto, mengatakan program ini menggabungkan aktivitas rekreasi, edukasi dan konservasi dalam satu rangkaian kegiatan yang menyenangkan. ”Pesertanya adalah anak-anak dengan rentang usia 6-12 tahun. Selama 2 hari 1 malam peserta akan menjelajahi kawasan Sea World, Ocean Dream Samudra dan pantai Ancol, yang pasti seru dan menantang. Bagi orang tua peserta tidak perlu khawatir, karena seluruh peserta akan didampingi oleh kakak-kakak dari Komunitas Teens Go Green Indonesia sebagai fasilitator selama acara berlangsung,” ungkapnya di Jakarta, Minggu (7/7/2019).

Baca Juga :

Mengenal Lebih Dekat Lumba Lumba, Penguin dan Singa Laut

Rangkaian acara dibuka di Ocean Dream Samudra Ancol dengan mengenal lebih dekat dan mempelajari secara langsung mamalia laut yang cerdas dan menyenangkan, yaitu lumba-lumba. Peserta akan diajak ikut serta dalam merawat biota lucu ini. Selanjutnya akan diajak menjelajahi semua wahana di Samudra seperti Sinema 5 Dimensi dan Scorpion Pirates. ”Tidak ketinggalan kegiatan berinteraksi dengan penguin dan singa laut juga akan sangat menyenangkan. Seluruh peserta akan diajak melihat bagaimana biota-biota tersebut dirawat dan dipelihara dengan baik berdasarkan standard husbandry International dan animal welfare,” ungkapnya.

Baca Juga :

Berkemah Besama Ribuan Ikan dan Mencari Harta Karun

Sore harinya peserta akan mengelilingi kawasan Sea World Ancol dan menyaksikan ribuan koleksi ikan dan biota laut yang ada di dalamnya. Malamnya, semua peserta akan ditantang untuk berlomba mencari “harta karun” dalam sesi treasure hunt. Setelah itu semua peserta dan fasilitator akan bermalam didalam tenda yang telah disiapkan di dalam area Sea World. Wah pasti seru bermalam ditemani ribuan ekor ikan.

Menabur Kerang Hijau Untuk Konservasi Air Laut

Pada keesokan harinya, seluruh peserta langsung diajak meninjau area konservasi air laut dengan metode restorasi kerang hijau. Kegiatan ini juga didampingi oleh Tim Konservasi Ancol. Seluruh peserta akan belajar tentang bagaimana cara ikut melestarikan lingkungan mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu terlibat dalam menebarkan kulit kerang hijau ke perairan yang berada di kawasan danau Monumen Ancol. D imana kulit kerang hijau akan menjadi substrat sebagai tempat menempel kerang hijau lainnya. Diharapkan dasar laut ancol yang saat ini yg sebagian besar berupa lumpur akan menjadi padang kerang hijau.

Peserta akan diajak menebarkan kulit kerang hijau sebagai bentuk dukungan program konservasi Ancol. Sekitar 100 kg kulit kerang hijau yang nantinya akan ditebar oleh peserta. Program konservasi kerang hijau ini merupakan salah satu upaya Manajemem Ancol untuk meningkatkan kualitas air laut di kawasan Pantai Ancol. Dengan menggunakan fungsi filter dari kerang hijau diharapkan dapat memberikan dampak terhadap perbaikan kualitas air laut yang juga berimbas kepada perbaikan ekosistem yang meningkatkan keanekaragaman hayati di dalamnya.

“Kami berharap anak-anak qkqn lebih memahami dan meningkatkan kepedulian akan pentingnya konservasi ekosistem laut serta mulai bisa mencintai lingkungan sejak dini” ungkap Rika.

Kegiatan berkemah di dalam wahana akuarium terbesar di Jakarta ini baru pertama kali dilakukan dan diharapkan dapat terus dilanjutkan dikemudian hari agar liburan sekolah dapat dihabiskan dengan aktifitas yang lebih seru, menyenangkan dan memberikan manfaat.(srv) 

Komentar telah ditutup.