Ternyata Tidak Mudah Mengingatkan Tidak Buang Sampah Sembarangan

indopos.co.id – Respon masyarakat tidak selalu baik. Ya, itulah yang sering dialami para aktivis. Mulai dari dicuekin, bahkan diajak berkelahi oknum warga yang membuang sampah sembarangan. “Banyak dari oknum warga pembuang sampah sembarangan malah lebih galak dan nyolot,” ujar Anggota Komunitas Pecinta Lingkungan Jakarta Osoji Club Faiz Muttaqin di Jakarta, Minggu (7/7/2019).

Menurut dia, sebaiknya upaya penyadaran jangan dilakukan dengan mendokumentasikan pembuang sampah sembarangan, baik melalui foto maupun video. “Itu malah membuat pembuang sampah sembarangan tidak simpati dan dongkol sehingga pesan positif tidak bisa diresapi dengan baik,” kata Faiz.

Hal senada diungkapkan aktivis dari komunitas Trash Hero, yakni Wibisono. Dia mengatakan, masih banyaknya masyarakat kurang sadar dalam membuang sampah pada tempatnya. Fakta ini menjadi tantangan terbesar aktivis lingkungan seperti dirinya dalam melakukan kampanye peduli sampah. “Mereka seperti itu karena belum merasakan dampak buruk secara langsung dari tindakan buang sampah sembarangan,” kata dia.

Aktivis lingkungan lainnya dari komunitas Lindungi Hutan, Faizal Isnain mengatakan, banyaknya masyarakat yang belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal itu karena masih tingginya ketergantungan mereka pada petugas kebersihan yang disediakan pemerintah. “Kan sudah ada pasukan orange, entar juga dibersihkan mereka,” kata Faizal.

Faizal mengatakan, untuk mencapai Indonesia yang sehat dan bersih dari sampah tidak hanya dilandasi ketergantungan terhadap petugas kebersihan saja. “Semua elemen masyarakat harus bergerak bersama, dimulai dari kesadaran untuk mengelola sampah pribadi saja dulu,” kata Faizal. (ant)

Komentar telah ditutup.