Ekonomi

BNI UI Half Marathon 2019, Himpun Dana untuk Bantu Mahasiswa Tetap Kuliah

Redaktur: Ali Rahman
BNI UI Half Marathon 2019, Himpun Dana untuk Bantu Mahasiswa Tetap Kuliah - Ekonomi

Kiri ke kanan: Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono, Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, Ketua Majelis Amanat UI Saleh Husin, & Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menunjukkan mockup Reksa Dana BNI AM Investasi Universitas Indonesia dalam acara BNI - UI Half Marathon 2019 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019). Foto: BNI untuk INDOPOS

indopos.co.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Universitas Indonesia (UI) dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) tidak hanya sukses menggelar kompetisi olahraga lari di dalam lingkungan kampus terbesar di Indonesia, yaitu BNI-UI Half Marathon 2019, melainkan juga berhasil menghimpun dana bagi para mahasiswa yang sangat membutuhkan bantuan dana agar tetap bisa kuliah.

Melalui lomba lari tahunan ini, penyelenggara berhasil melaksanakan program penghimpunan endowment fund UI yang terus dikembangkan melalui mekanisme penempatan produk Reksadana BNI AM Makara Investasi.
      
Dengan demikian, dari setiap langkah para pelari ini, terhimpun dana abadi. Dana ini diharapkan mampu membantu UI dalam menopang pendidikan, termasuk memberikan kemudahan bantuan pendidikan bagi mahasiswa baru dan lama yang membutuhkan bantuan dana.
        
Penyerahan simbolis Dana Abadi ini dilakukan Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono kepada Rektor UI Muhammad Anis di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/72019).

Prosesi tersebut disaksikan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dan Ketua Majelis Amanat UI Saleh Husin. Hadir juga pada kesempatan yang sama  Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.Dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp300 juta dialokasikan dari hasil kegiatan utk pengembangan pendidikan melalui pembelian Reksadana BNI AM Makara Investasi.


Para peserta mulai berlari pada kompetisi BNI - UI Half Marathon 2019 di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019). Foto: BNI untuk INDOPOS       

Arief Budhy Hardono mengatakan, Iluni UI berharap penempatan Reksadana BNI AM Makara Investasi pada tahun ke tiga kepengurusan ‘Rumah Kita’ dapat menjadi bukti konsistensi pengurus untuk turut membantu berbagai elemen di dalam maupun di luar UI.

“Terima kasih kepada 4.800 pelari yang telah mendukung program ini dan kepada seluruh pihak terkait yang telah menjadi partner kami, baik pada tahun ini ataupun dari pertama kali lomba ini dilaksanakan pada tahun 2016. BNI selaku partner setia kami, semoga apa yang telah diberikan mampu menjadi bagian dari tangan-tangan kecil untuk para mahasiswa yang membutuhkan,” ujarnya.
     
Adapun bagi UI, pelaksanaan BNI-UI Half Marathon 2019 akan menjadi pembuktian konsistensi kampus sebagai pelaksanaan kompetisi lari yang dikenal sebagai the most greenest dan sterile race area in town. Race Day digelar dengan 3 kategori jarak tempuh lari yang berbeda. Peserta dapat memilih satu diantara 3 jarak tempuh lari yang disediakan, yaitu jarak 5K, 10K dan HM. Dengan jalur lari di Kampus UI Depok yang rindang dan sejuk, diharapkan akan membuat para pelari mencapai personal best mereka.
       
“BNIUIHM2019 menjadi wadah yang tepat bagi pelari dalam menyalurkan minat dan hobi sambil ikut terlibat dalam misi untuk membantu pengembangan kampus UI. Kondisi UI yang rindang dapat memaksimalkan kemampuan kondisi pelari namun tetap nyaman,” ujar Arief Budhy Hardono.

Dukungan BNI
        
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi mengatakan, dukungan BNI pada perhelatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BNI sebagai salah satu bank BUMN terhadap dunia pendidikan, termasuk perkembangan dunia pendidikan di UI.

Pada saat yang sama, BNI juga memberikan dukungan maksimal terhadap pengembangan olahraga lari yang digemari masyarakat dan menjadi tren kaum milenial. BNI menjadikan event kali ini sebagai salah satu rangkaian HUT Ke-73 BNI dengan tema ‘Bersama Jadi Luar Biasa” di lingkungan penyelenggara pendidikan terdepan di Indonesia.    
       
“Melalui kompetisi ini, kami berupaya membantu Iluni dalam menghimpun dana abadi UI yang nantinya akan dianggarkan sebagian untuk pembelian produk Reksadana BNI AM Makara Investasi,” ujar Susi.
       
BNI juga mendukung aktivitas pembelajaran di UI dengan terlibat dalam pembangunan co-working space, masjid, musholla, kantin, dan lain sebagainya. Keterlibatan tersebut merupakan salah satu bentuk CSR BNI sebagai bank BUMN kepada dunia pendidikan.

Hasil Pertandingan
      
Pemenang BNI-UI Marathon 2019 kategori Half Marathon Nasional Umum Putra, diraih Betmen Manurung dengan catatan waktu 60 menit 19 detik dan kategori  Half Marathon Nasional Umum Putri, diraih Ai Kusmiati dengan catatan waktu 60 menit 40 detik. Sedangkan kategori Half Marathon Nasional Master 40+ Putra, diraih Ferry Junaedi  dengan catatan waktu 60 menit 21 detik dan kategori Half Marathon Nasional Master 40+ Putri, diraih Ingrid Firmansyah dengan catatan waktu 60 menit 54 detik.
      
Kategori 10K Nasional Umum Putra, diraih Rikki M L dengan catatan waktu 34 menit 5 detik dan kategori 10K Nasional Umum Putri, diraih Yanitasari Yanita dengan catatan waktu 41 menit 14 detik. Sedangkan kategori 10K Nasional Master 40+ Putra diraih, Arif Rachman dengan catatan waktu 39 menit 16 detik dan kategori 10K Nasional Master 40+ Putri, diraih Sofia Purbojo dengan catatan waktu 48 menit 25 detik.
      
Kategori 5K Nasional Umum Putra, diraih Febtri Zega dengan catatan waktu 16 menit 30 detik dan kategori 5K Nasional Umum Putri, diraih Vera Febrianti dengan catatan waktu 20 menit 27 detik. Sedangkan kategori 5K Nasional Master 40+ Putra, diraih Yayan Mulyana dengan catatan waktu 19 menit 53 detik dan kategori 5K Nasional Master 40+ Putri, diraih Nengsih Samady dengan catatan waktu 24 menit 1 detik.

Perlindungan BNI Life
       
Pada tahun ketiga pelaksanaannya, BNI Life dapat kembali memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah korporasi. Tahun ini, BNI Life juga dengan bangga mempersembahkan asuransi perlindungan jiwa bagi 4.800 pelari.
        
Perlindungan asuransi bagi peserta lari marathon tersebut berupa asuransi jiwa dan penggantian biaya rawat medis. Uang pertanggungan yang diberikan kepada masing masing peserta maksimal sebesar Rp 10 juta. Harapan BNI, dengan adanya asuransi, teman-teman pelari dapat merasa terlindungi dan nyaman hingga garis finish dan ke depannya bisa diberikan perlindungan asuransi jiwa dan rawat inap sesuai dengan kebutuhan para pelari. (srv)


          

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Si Kembar Siam Adam dan Malik Sukses Dipisahkan

Daerah / 2019, Kejahatan pada Anak Diprediksi Meningkat

Hukum / Saksi Tambahan PPP Ditolak MK

Internasional / Tiongkok Tentang Keras Sanksi AS terhadap Perusahaan Energi

Megapolitan / RSUD Koja Sediakan Aplikasi untuk Lansia dan Disabilitas

Megapolitan / Sungai Cileungsi Tercemar Berat, Bupati Bogor Berang


Baca Juga !.