Internasional

Rekaman Video Tunjukkan Pendaki yang Hilang di Pegunungan Himalaya

Redaktur: Heryanto
Rekaman Video Tunjukkan Pendaki yang Hilang di Pegunungan Himalaya - Internasional

Gunung Nanda Devi yang diselimuti salju di negara bagian Uttarakhand di Himalaya utara.

indopos.co.id - Rekaman sekelompok pendaki yang meninggal di pegunungan Himalaya di India, Mei 2019 telah ditemukan oleh tim pencari dan menunjukkan para pendaki yang melewati salju di puncak terpencil.

Delapan pendaki dilaporkan hilang Mei 2019 saat mencoba untuk mengukur gunung Devi, gunung tertinggi kedua di India. Kelompok tersebut terdiri dari empat warga Inggris, dua warga Amerika, satu orang Australia, dan satu orang India. Tujuh dari delapan mayat ditemukan pada bulan Juni 2019.

Senin (9/7/2019), tim pencarian Polisi Perbatasan Indo-Tiber (ITBP) di wilayah tersebut mengumumkan bahwa mereka telah menemukan perangkat memori video yang oleh wakil inspektur jenderal ITBP diseskripsikan sebagai Go Pro.

Klip pendek berdurasi kurang dari dua menit yang diterbitkan oleh ITBP di Twitter, memperlihatkan ketika kelompok itu bergerak perlahan melalui salju di puncak yang tak diketahui namanya di dekat Nanda Devi timur.

Hanya suara angin yang terdengar dari rekaman tersebut. Rekaman tersebut ditemukan pada ketinggian 19.000 kaki, sementara para pendaki gunung ITBP mencari di wilayah tempt mayat-mayat itu ditemukan.

“Go Pro itu tebukti seperti kotak hitam sebuah pesawat yang memberikan wawasan tentang saat-saat terakhir para pendaki. Sangat mengejutkan bagi kita untuk melihat rekamannya,” kata Wakil Inspektur Jenderal ITBP APS Nambadia saat konferensi pers, dilansir BBC.

Kelompok itu menghilang di wilayah Nanda Devi pada 26 Mei akibat longsoran salju. Mereka dipimpin oleh seorang pemandu gunung asal Inggris, Martin Moran, dan sedang mencoba untuk mencapai puncak yang belum pernah didaki di daerah terpencil.

Moran yang berasal dari Tyneside, Inggris, telah menjadi pemandu gunung sejak tahun 1985 dan mendirikan perusahaannya, Moran Mountain, yang berbasis di Strathcarron di Dataran Tinggi Skotlandia bersama isterinya, Joy. (fay)

 


 
 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.