All Sport

Peter Sagan Menangi Etape Kelima Tour de France dan Puncaki Klasemen

Redaktur: Heryanto
Peter Sagan Menangi Etape Kelima Tour de France dan Puncaki Klasemen - All Sport

Peter Sagan menangi etape kelima Tour de France 2019. Foto: internet

indopos.co.id - Pebalap sepeda Slowakia Peter Sagan memenangkan etape kelima Tour de France di Colmar, Rabu (10/7/2019) waktu setempat. Etape sepanjang 175 km dari Saint-Dié-des-Vosges ini diakhiri dengan adu sprint setelah tanjakan terakhir Cinq Châteaux.

Sedangkan Julian Alaphilippe mempertahankan jersey kuning. Sagan yang memuncaki klasemen jersey hijau mencatat kemenangan pertamanya dalam Tour de France tahun ini setelah memacu kencang untuk berada di depan Wout Van Aert dan Matteo Trentin.

Ini adalah kemenangan etape Tour de France ke-13 bagi Sagan yang memperkuat tim Bora-Hansgrohe. Tahun ini Sagan membidik bisa memenangi jersey hijau ketujuhnya dalam balapan itu.

Scott Trentin dari Mitchelto adalah pebalap yang pertama kali mengambil print, tetapi Sagan berhasil menyalipnya. Alaphilippe, yang mengenakan jersey kuning sejak kemenangan solonya pada etape ketiga di Épernay, menyentuh garis finis pada urutan kesepuluh, untuk tetap memimpin klasemen keseluruhan.

Mengutip The Guardian, finis urutan kedua dan mendapat bonus enam detik, Van Aert dari Jumbo-Visma membuat cacatan waktu Alaphilippe dipotong 14 detik. Etape keenam berlangsung di La Planche des Belles Fille, Kamis (11/7/2019).

Pebalap tim Bora-Hansgrohe Peter Sagan melakukan selebrasi dengan pose The Incredible Hulk saat menjuarai etape kelima Tour de France 2019 di Colmar, Prancis, mengulangi adegan serupa saat ia meraih kemenangan perdananya pada 2012.

Setelah melewati beberapa tanjakan di wilayah Alsace, pebalap asal Slovakia itu mengungguli Wout van Aert dari tim Jumbo-Visma dan Matteo Trentin dari Mitchelton-Scott di Colmar.

“Saya hanya perlu bersepeda dengan keinginan yang kuat maka kemenangan pun datang. Saya harus mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim saya. Mereka telah bekerja keras dan akhirnya kami menjuarai Tour de France,” katanya dikutip laman resmi Tour de France.

Pada etape kelima tersebut, Peter Sagan melesat jauh 300 meter sebelum garis finis dan sama sekali tidak membiarkan para rivalnya mendahuluinya. “Kami sangat gembira. Kami menguasainya di sepanjang hari, di jalur datar hingga mencapai finis. Saya telah melakukan yang terbaik. Setiap orang butuh keberuntungan untuk bisa menang,” imbuhnya.

Ini merupakan kemenangannya yang kedelepan dengan jersey hijaunya sebagai raja tanjakan. Berdasarkan catatan perhitungan, saat ini ia masih menempati posisi lima besar pada ajang Tour de France yang ke-106 itu. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.