Politik

Komisioner KPU: Putusan DKPP Bakal jadi Bahan Evaluasi KPU

Redaktur: Riznal Faisal
Komisioner KPU: Putusan DKPP Bakal jadi Bahan Evaluasi KPU - Politik

indopos.co.id - Sanksi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terhadap dua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi pelajaran berharga.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, putusan DKPP ini bakal dijadikan bahan evaluasi KPU.  "Itu menjadi bahan evaluasi ke depan agar ke depan KPU bekerja lebih baik," kata Ilham saat ditemui di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Meski dinyatakan melanggar kode etik sebagai penyelenggara pemilu, Ilham mengklaim, telah bekerja secara maksimal. Namun, DKPP ternyata menilai lain.

Terkait putusan tersebut, Ilham mengaku, menerima sepenuhnya. Ilham juga mengaku menghormati putusan tersebut dan akan menindaklanjutinya. "Nanti kita pleno untuk memutuskan tindak lanjut. Sampai saat ini kita belum plenokan, mungkin malam ini atau besok kita pleno," ujar Ilham.

Menurut Ilham, putusan DKPP ini tak mengganggu jalannya tahapan pemilu. Hanya saja, dalam waktu dekat akan dilakukan rolling jabatan internal antarkomisioner KPU, sehingga perlu ada penyesuaian dengan jabatan baru.

"Insya Allah tidak akan menghambat (tahapan pemilu, Red), tapi kita akan coba satu sama lain berupaya 'transfer knowledge'," imbuhnya.  

Sedangkan Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menegaskan, tetap menjabat sebagai komisioner KPU. DKPP hanya mencopotnya dari jabatan ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat dan Litbang. "Hanya (dicopot, Red) dari Ketua Divisi SDM, kalau komisioner, nggak," katanya.

Evi mengatakan, menghormati keputusan DKPP tersebut. KPU pun akan segera menindaklanjuti keputusan itu dengan mengelar rapat pleno. "Rapat pleno dalam beberapa hari ini aja. Dalam minggu ini," imbuhnya.

Menurut Evi, terkait pengisi jabatan ketua divisi itu diambil berdasarkan keputusan bersama saat rapat pleno itu. "Itu kan hanya pembagian tugas untuk memudahkan koordinasi pelaksana tugas. KPU itu kan kolektif kolegial, jadi semua keputusan diambil bersama. Itukan internal, jadi nggak ada seleksi karena itu pembagian tugas di internal KPU," ujar Evi. (aen)

TAGS

kpu

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / KPU Berharap Seluruh Gugatan Pileg Ditolak

Headline / 380 Ahli Waris KPPS Belum Terima Santunan

Nasional / MK Dengar Jawaban KPU untuk 44 Perkara

Headline / KPU Sebut MK Tak Berwenang Adili Sengketa Suara Luar Negeri

Headline / Ubah Hasil Pemilu Dapil Jatim XI, KPU Terancam Pidana

Politik / Keputusan DKPP terhadap Dua Komisioner, Peringatan bagi KPU,


Baca Juga !.