Megapolitan

Antisipasi Kemarau, Kecamatan Pancoran Jaksel Bikin 15 Titik Sumur Resapan

Redaktur:
Antisipasi Kemarau, Kecamatan Pancoran Jaksel Bikin 15 Titik Sumur Resapan - Megapolitan

Foto: Net

indopos.co.id - MUSIM kemarau mulai dirasakan sejumlah wilayah di Jakarta. Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan bahkan membuat 15 titik sumur resapan di dua lokasi berbeda pada Kamis (11/7/2019). Pengerjaan sumur tersebut dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan.

Lokasi pembuatan yakni di SDN Kalibata 04 sebanyak tujuh sumur, dan di Jalan Samali Ujung, Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Kepala Satuan Petugas Sumber Daya Air Kecamatan Pancoran, Supriyanto mengatakan, sumur resapan tersebut memiliki lebar 1x1 meter persegi dengan kedalaman 170 sentimeter.

"Pengerjaan sudah dilakukan sejak Senin (8/7/2019) sampai Kamis (11/7/2019). Pada pembuatan membuat sumur resapan ini, kami mengerahkan 16 satgas SDA Pancoran," tutur Supriyanto kepada INDOPOS, kemarin.

Supriyanto menambahkan, dalam pembuatan sumur resapan tersebut, pihaknya menggunakan peralatan seperti sekop, karung, palu, jack hammer, linggis, pahat, cangkul, golok dan gerobak.

"Target akhir minggu ini (14/7/2019) selesai untuk di SDN Kalibata 04. Untuk pengerjaan di Jalan Samali Ujung, akhir minggu depan (21/7/2019) selesai. Sumur resapan ini memiliki fungsi menyimpan cadangan air tanah agar tetap terjaga," bebernya.

Setelah pengerjaan sumur resapan ini, sambungnya, dirinya berharap tidak ada lagi terdapat lokasi genangan air di wilayah Kelurahan Kalibata sebab telah tersedianya cadangan air tanah.

"Kami berharap setelah dibuatnya sumur resapan ini, dapat mengurangi lokasi-lokasi yang kerap terdampak genangan di Kelurahan Kalibata dan menjadi resapan cadangan air tanah bagi wilayahnya," pungkasnya.

Sekaligus menyediakan kebutuhan air di saat musim kemarau. (ibl)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Harga Cabai Meroket, Pedagang Rugi

Megapolitan / Kemarau, Warga Leuwimekar Kabupaten Bogor Kesulitan Air Bersih

Headline / Akhirnya Diperkirakan Hujan di Jakarta Siang Ini

Headline / BNPB Sebut Kekeringan Landa Tujuh Provinsi di Indonesia

Megapolitan / Kemarau Membuat Debit Air di Kanal Banjir Barat Menurun


Baca Juga !.