Megapolitan

Korban Kebakaran di Tebet Dihujani Bantuan

Redaktur:
Korban Kebakaran di Tebet Dihujani Bantuan - Megapolitan

BELUM DIKETAHUI - Sejumlah warga berada di antara puing rumah yang terbakar di permukiman padat penduduk, Jalan Lebak Swadaya I, Kampung Bali Matraman, Manggarai, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Foto: Risyal Hidayat/ANTARA

indopos.co.id - Usai kebakaran yang melanda puluhan bangunan nonpermanen di kawasan Jalan Swadaya I, Manggarai, Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan menyerahkan bantuan kepada 1.400 korban terdampak kebakaran yang terjadi di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (11/7/2019) pagi.

Korban kebakaran yang mengungsi di tiga lokasi yakni di SDN 06 dan 05 Manggarai, Masjid Nurul Huda dan Puskesmas Manggarai pun bisa mendapat pakaian yang layak. Adapun bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali didampingi Plt. Suku Dinas Sosial Jaksel Mursidin, Camat Tebet Dyan Airlangga dan Lurah Manggarai Budi Santoso kepada para pengungsi kebakaran.

Bantuan yang diberikan diantaranya berupa perlak bayi, selimut, kaos, daster, pakaian dalam, ikan kemasan kaleng dan paket lauk pauk. "Bantuan ini sifatnya masih sementara. Kami akan terus update terkait bantuan di lapangan. Untuk makanan siap saji saat ini kami sediakan 1.500 boks," ungkap Mursidin.

Terkait korban lansia, Mursidin menambahkan kita akan terus dipantau, baik kesehatan maupun kebutuhan sandang, pangan, dan papannya. "Saat ini masih dalam proses pendataan. Tapi di dalam bantuan, dari Sudin

Sosial Jaksel sudah memberi popok dewasa dan pakaian," katanya. "Terkait bantuan kesehatan, kami akan pantau terus dan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Kecamatan Tebet," sambung Mursidin.

Terpantau korban kebakaran siang kemarin berupaya mencari barang-barang yang masih bisa digunakan. Bahkan warga merubuhkan tembok yang sudah terbakar karena khawatir menimpa warga.

Tak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan dasar korban terdampak yang jumlahnya relatif banyak, Dinsos DKI telah mendirikan empat tenda pengungsian serta memberikan bantuan tambahan.

"Kami telah mendirikan empat unit tenda, dua diantaranya dari kami Sudin Sosial Jaksel, dua lagi dari Dinsos DKI. Tenda-tenda itu letaknya tak jauh dari lokasi kebakaran," tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dinsos DKI Jakarta juga menyalurkan bantuan tambahan lainnya. Bantuan tersebut berupa mie instan, selimut, matras, terpal, biskuit, kidware, paket sandang, serta makanan siap saji.
Sementara, petugas Dinsos DKI melalui Sudin Sosial Jaksel juga memastikan korban kebakaran mendapatkan makanan siap saji untuk kebutuhan hidup beberapa hari kedepan.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, tim Sudin Sosial dibantu oleh Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB). Juga terpantau salah satu ormas memasang tenda untuk menarik simpatik warga masyarakat lainnya yang ingin menyumbangkan uluran tangannya guna meringankan para korban terdampak kebakaran.

Tak hanya itu, kebakaran juga membuat kesulitan para kurir pengantar barang untuk mengantarkan barang ke tempat tujuan. Sehingga jasa pengantar barang sedikit terhambat karena musibah yang dialami warga korban kebakaran. Sebab, para korban juga meminta dipending antaran barangnya sampai selesai atau normal kembali.

"Ya Pak, warga yang terdampak yang bilang dipending dulu antaran barang sampai benar-benar normal kembali. Kita masih menunggu sampai warga yang terdampak normal dan meminta kita, baru kita antar," kata salah satu kurir jasa pengantar barang Yopi.

Perlu diketahui bahwa peristiwa kebakaran melanda pemukiman di dekat Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Lokasi kebakaran berada di Jalan Lebak Swadaya I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Peristiwa ini dilaporkan sekitar pukul 10.55 WIB kemarin.

Adapun musibah kebakaran ini membuat 150 rumah warga hangus terbakar dan mengakibatkan 300 kepala keluarga terdampak mengungsi. Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran. "Diduga asal api dari orang yang merebus Cilok dan kini masih dalam proses identifikasi," tutur Kapolsek Tebet, Kompol Eko. (ibl)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Korban Kebakaran Tebet Rencana Tamasya ke Ancol Usai Bangunan Pulih

Megapolitan / Kebakaran di Manggarai Jaksel Hanguskan 50 Rumah

Megapolitan / Ribuan Korban Kebakaran Kampung Bali Matraman Mengungsi

Megapolitan / Permukiman Kampung Bali Matraman Terbakar

Megapolitan / 30 Rumah yang Terbakar di Cipinang akan Digusur


Baca Juga !.