Megapolitan

Petugas Pemeriksaan Barang Embarkasi Jabar Sita Ratusan Bungkus Rokok dari Koper Calon Jamaah Haji

Redaktur: Syaripudin
Petugas Pemeriksaan Barang Embarkasi Jabar Sita Ratusan Bungkus Rokok dari Koper Calon Jamaah Haji - Megapolitan

MELEBIHI ATURAN - Petugas menyita rokok milik calon jamaah haji asal Jawa Barat. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS

indopos.co.id - Petugas pemeriksaan barang embarkasi Jawa Barat di Jalan Kemakmuran, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, menyita ratusan bungkus rokok dari dalam koper calon jamaah haji (CJH), Kamis (11/7/2019). Penyitaan itu dilakukan setelah petugas mendeteksi CJH membawa rokok yang melebihi aturan.

”Totalnya ada 900 bungkus rokok yang kami sita dari dalam koper calon jamaah haju,” terang Farhan, ketua Pelaksana Pemeriksaan Jamaah Haji dari Bea Cukai Bekasi, Kamis (11/7/2019). Dia juga mengakui, setiap hari pemeriksaan yang dilakukan petugas pasti menemukan puluhan slop rokok di koper CJH.

”Kisarannya, 15 sampai 20 slop rokok. Setelah kami temukan, seluruh rokok itu langsung kita sita. Karena dilarang untuk dibawa," ujarnya juga. Karena, kata Farhan lagi, untuk membawa rokok ke Tanah Suci, setiap calon jamaah harus mengikuti aturan yang sudah diterapkan yakni 200 batang.

”Bilamana bawaan rokok melebih ketentuan, maka rokok itu kami sita. Jadi aturan 200 batang yang diperbolehkan dibawa itu sekitar 2 slop. Karena satu slop isinya 10 bungkus rokok," jelasnya juga. Farhan memaklumi banyaknya CJH yang bersikeras membawa rokok melebihi ketentuan yang ada.

Menurut dia juga, para CJH nekad membawa rokok banyak dari Tanah Air untuk persediaan selama mengikuti ritual haji. ”Maklum, waktu haji kan 40 hari, rokok di Arab Saudi itu mahal. Makanya mereka lebih membawa persediaan dari sini,” ucapnya

Farhan juga mengatakan, pihaknya akan menyimpan seluruh rokok yang disita. Setelah pelaksanaan haji selesai, maka rokok-rokok CJH yang disita itu akan dikembalikan kepada pemiliknya. ’Kita mendata kepemilikan rokok yang kami sita. Pokoknya rokok akan dikembalikan bila selesai haji,” tandasnya. (dny)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.