Nasional

Sejumlah Kalangan Apresiasi Pidato Jokowi di HUT Polri ke 73

Redaktur: Ali Rahman
Sejumlah Kalangan Apresiasi Pidato Jokowi di HUT Polri ke 73 - Nasional

KH. Saiful Bahri yang juga Wakil Ketua Komisi Ukhuwwah MUI Pusat didampingi Irfaan Sanoesi selaku koordinator Jaringan Islam Kebangsaan (JIK) bersama para ulama menyampaikan pernyataan sikap terkait Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Museum Joeang 45, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

indopos.co.id - Perayaan hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 kemarin memunculkan sejumlah kesan bagi beberapa kalangan. Mereka pun menyambut positif pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo karena mengedepankan nuansa persatuan dan kesatuan untuk menjaga Negara Kesatuan Indonesia ini.

Tanggapan positif itu salah satunya dari Koordinator Nasional Jaringan Islam Kebangsaan Irfaan Sanoesi. Ia menyoroti beberapa agenda Kepolisian yang mendapat penghargaan dari Jokowi seperti pengamanan Pemilu 2019, Asian Games, Pilkada serentak, IMF dan sebagainya. Namun, poin utama yang menjadi sorotan yakni pengamanan Pemilu 2019 yang menjadi tolak ukur keberhasilan kepolisian dalam menjaga kondusivitas dan keamanan nasional.

"Polri dinilai sukses menjaga keamanan sebelum dan pada saat pemungutan suara. Meskipun sempat terjadi kerusuhan justru pasca pengumuman hasil pemungutan suara oleh KPU, tapi Polri menanganinya dengan baik," kata Irfaan di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, sikap aparat kepolisian yang mampu membendung meluasnya kerusuhan tersebut juga semakin menunjukkan kedewasaan institusi itu sendiri. Karena jika kepolisian menggunakan cara-cara represif penuh, maka bisa dipastikan kerusuhan akan semakin meluas, tidak hanya di Jakarta tetapi bisa terjadi di daerah lainnya.

"Allah menyelamatkan bangsa kita dari perang saudara. Sinergitas Polri-TNI berhasil mengubur impian para pecundang demokrasi yang ingin merebut kekuasaan dengan cara tak beradab. Sebagai anak bangsa, saya sangat bangga dengan Polri yang bekerja sepenuh hati dan berani gugur saat melaksanakan tugas negara," kata Irfaan.

Sementara di tempat terpisah, KH. Ali Syibromalisi Koordinator Forum Pondok Pesantren Jaga NKRI mengatakan semua agenda pemerintah yang melibatkan masyarakat bisa berjalan dengan lancar dan aman tidak terlepas dari peran Polri yang tetap solid bersama dengan TNI.

"Saya mencatat setidaknya dua kali secara khusus Presiden Jokowi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Polri, dan ini merupakan ungkapan yang mewakili seluruh bangsa Indonesia," tegasnya.

KH. Ali mengatakan tashorruful imam alarroiyyah manuuthun bil mashlahah, kebijakan seorang pemimpin atas rakyat harus berdasarkan kemashlahatan. Menurutnya, kerja Polri dan TNI selaras dengan qoidah tersebut.

"Semoga ke depannya Polri dan TNI bisa lebih solid lagi dalam menjalankan tugasnya mengawal keamanan agenda pemerintah, serta menjaga ketertiban nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya yang juga Pimpinan Ponpes Tansyitul Muta'allimin Bogor. (wok)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / KPK Sita Dokumen Perizinan di Kepri

Megapolitan / Diduga Money Politics, Caleg Gerindra Dicari Polisi

Nasional / Ini Cara Kemenpora Cetak Generasi Muda Bebas Narkoba

Daerah / IPB Targetkan Muba Jadi SPR Percontohan di Indonesia

Nasional / DPR Tanya Pelindo soal Nasib Karyawan PT JAI


Baca Juga !.