Daerah

BPBD Gorontalo Imbau Masyarakat Bersiap Hadapi Kekeringan

Redaktur: Jakfar Shodik
BPBD Gorontalo Imbau Masyarakat Bersiap Hadapi Kekeringan - Daerah

BERJIBAKU - Petugas Kepolisian bersama Manggala Agni menyemprotkan air ke lahan gambut yang terbakar di Desa Parit Baru, Kampar, Riau, Kamis (11/7). Cuaca panas cuaca dan hembusan angin kencang membuat kebakaran cepat meluas sehingga menyulitkan petugas memadamkan kebakaran lahan gambut tersebut. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/nz.

indopos.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo mengimbau masyarakat bersiap menghadapi bencana kekeringan. Memantau lahan-lahan kristis dan daerah rawan kekeringan.

”Kami mengimbau warga dan jajaran BPBD hingga kabupaten/kota berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Pekerjaan Umum, Balai wilayah Sungai, Perusahaan Daerah Air Minum, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memantau lahan-lahan kritis dan daerah rawan kekeringan,” tutur Kepala BPBD Sumarwoto, di Gorontalo, Kamis (11/7).

Menurut Sumarwoto BPBD akan menyiapkan tangki air untuk antisipasi masyarakat yang membutuhkan air bersih jika bencana ini terjadi. Maklum, berdasar data BMKG Gorontalo sejak akhir Juni 2019, Gorontalo telah memasuki musim kemarau hingga awal September nanti. ”Perlu ada sinergi antarpihak menghadapi musim kemarau ini, terutama masalah pertanian dan ancaman kebakaran hutan,serta ketersediaan air bersih sangat yang dibutuhkan,” tambah Kepala BMKG Gorontalo M Nurhuda.

Merujuk pantauan di Kota Gorontalo, pasokan air bersih masih tersedia, meski intensitas hujan semakin minim. ”Biasanya lama tidak hujan, tetapi saat turun hujan langsung deras sekali. Untuk saat ini belum ada yang mengkhawatirkan, air PDAM maupun sumur suntik masih lancar,” ungkap salah seorang warga Kecamatan Sipatana, Syfarudin.

Meski demikian, ia berharap pemerintah segera mengantisipasi bencana kekeringan dengan menyiagakan seluruh fasilitas yang dibutuhkan untuk wilayah rawan krisis air. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / KPK Sita Dokumen Perizinan di Kepri

Megapolitan / Diduga Money Politics, Caleg Gerindra Dicari Polisi

Nasional / Ini Cara Kemenpora Cetak Generasi Muda Bebas Narkoba

Daerah / IPB Targetkan Muba Jadi SPR Percontohan di Indonesia

Nasional / DPR Tanya Pelindo soal Nasib Karyawan PT JAI


Baca Juga !.