Internasional

Kebakaran di Hawaii, Ribuan Orang Dievakuasi

Redaktur: Darul Fatah
Kebakaran di Hawaii, Ribuan Orang Dievakuasi - Internasional

BENCANA - Asap api menutup Jalan Raya Kuihelani di pusat Kota Maui. foto; net

indopos.co.id – Pemerintah Hawaii telah memerintahkan evakuasi terhadap ribuan orang di dua kota yang berada di jalur kebakaran. Demikian menurut media di Hawaii. “Kebakaran seluas 1.200 hektar pada Kamis (11/7/2019) malam di lembah tengah pulau itu tidak terkendali,” ujar Wali Kota Maui Mike Victorino dalam sebuah konferensi pers.

Ia mengungkapkan, petugas pemadam kebakaran memonitor kebakaran itu dalam semalam. Namun, terlalu berbahaya bagi petugas dalam kondisi gelap. “Kita tidak bisa melawan api malam ini. Kami tidak akan mengirim petugas pemadam kebakaran ke tempat yang berbahaya,” kata Victorino, dikutip dari laman the Guardian.

Foto satelit Layanan Cuaca Nasional memperlihatkan asap yang menggantung di pulau itu telah diunggah secara online. Kobaran api dilaporkan mulai terlihat sekitar pukul 10.30 pagi dan angin kencang hingga 20 km per jam mengipasi api hingga semakin meluas.

Kebakaran itu kemudian menyeberang jalan raya dan menyebar melintasi ladang kosong dan menyebabkan lebih banyak kobaran api. Dua helikopter pemadam kebakaran menjatuhkan air ke api dan mencoba untuk menahan penyebaran api yang lebih luas.

Sementara itu, ribuan orang telah diperintahkan mengungsi. Tidak jelas berapa banyak orang yang telah meninggalkan kota pesisir Maui Barat, Maalaea dan Kihei. Tiga tempat penampungan disediakan untuk sekitar 500 orang pada Kamis (11/7/2019) malam.

Sekolah menengah Maui ikut menampung sekitar 200 kucing dan anjing yang dipindahkan dari tempat penampungan hewan setempat, seperti dikutip dari Honolulu Star-Advertiser. Bandara Kahului ditutup sementara. Penerbangan dialihkan karena asap, yang juga memaksa penutupan dua jalan utama.

Operasi kembali normal sekitar pukul 19.00 waktu setempat. HawaiiNewsNow melaporkan bahwa tidak ada cedera atau kerusakan pada struktur bangunan. Hanya saja, beberapa peralatan pertanian telah terbakar. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.