Gema Citra Nusantara dan SMA 70 Jakarta Harumkan Indonesia di Kancah Internasional

indopos.co.id – Gema Citra Nusantara Junior sukses dalam Festival Llangollen International Musical Eisteddfod 2019 di Wales, Inggris pada 2 – 6 Juli 2019. Mereka Berhasil mendapat peringkat kedua untuk kategori children’s Folk dance. Group Indonesia berumur 9 – 15 tahun ini berhasil memikat juri dan penonton dengan membawakan tarian berjudul Kite Satu dari Betawi.

Festival Llangollen International Musical Eisteddfod dihadiri oleh 50 negara untuk membawa misi perdamaian dunia melewati kebudayaan antarbangsa.

Sementara itu, SMA Negeri 70 Jakarta tampil cemerlang dalam Festival International Art Festival, Golden Water Fall Competition, Kota Batumi di Georgia.

Mereka membawa nama Indonesia bangga dengan berhasil membawa Piala dan Mendali Grand Prix dalam semua kategori dan Juara 1 dalam kategori Youth Folk Dance.

Mereka menampilkan Tari Piring yang dibawakan secara Medley dengan Tari Mirah/Topeng Betawi, Tari Nagekeo Bangkit (NTT) dan tarian Kipah (kipas) dari Aceh yang dibawakan oleh 17 penari putri dan 8 Pemusik Laki-laki Tim Misi Budaya SMA 70 Jakarta.

CEO dan Director of Culture and Education Kiny Cultura, Kiki Puspita Sari mengapresiasi prestasi yang diraih dan bangga karena anak-anak muda bisa menyumbangkan prestasinya dan membuat nama harum di kancah Internasional.

“Kekuatan suatu bangsa ditentukan dari bagaimana kita menghargai dan menjunjung tinggi budaya kita. Kita harus terus berusaha untuk melestarikannya. Apresiasi kebudayaan tidak berakhir dalam berkompetisi saja tetapi mencintai Budaya Indonesia dari hati dan menularkan nya pada orang lain,” kata kiki, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/7/2019).

“Untuk mencapai Pertunjukan antarbangsa ini melewati latihan yang tidak mudah dan penuh dengan kerja keras,” tambahnya

Gema Citra Nusantara Junior dan SMA 70  dibimbing oleh Mira Marina Arismunandar yang piawai membimbing dan melatih anak-anak hingga layak berkompetisi dan mendapatkan gelar juara di kancah Internasional.

Sebelum berangkat berkompetisi di internasional, Tim Misi Budaya SMA 70 Jakarta dan Sanggar Gema Citra Nusantara Junior melakukan acara ‘Gelar Pamit bertema Gelar Warisan Budaya’ di The Kce Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Acara itu dihadiri oleh Kepala Sub direktorat seni Media Kesenian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Tubagus Sukmana M. Kom, Plt Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Oswar Mungkasa, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional IV Kementerian Pariwisata Agustini Rahayu ST, M. Si dan Duta Besar Georgia untuk Indonesia Irakli Asashvili.

“Pemerintah selalu hadir dalam mendukung misi budaya di kancah Internasional. Tentunya dukungan dari pemerintah dan duta besar negara yang diikuti festivalnya memberikan energi positif bagi anak-anak,” papar Kiki.

Acara yang diikuti lebih dari 5 ribu penyanyi, penari dan pemusik dari sekitar 50 negara ini tentunya menjadi wadah memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional.
Indonesia patut nangga karena setiap athunnya tim misi budaya selalu mengibarkan bendera merah-putih di internasional. (mdo)

Komentar telah ditutup.