Pengacara Pukul Hakim PN Jakpus, Polisi Amankan Pelaku Berinisial DS

indopos.co.id – Seorang pengacara memukul majelis hakim yang mengadili perkara perdata di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Kejadian tersebut bermula, ketika majelis hakim sedang membacakan putusan yang pada bagian pertimbangannya mengarah petitum ditolak. Sehingga, kuasa hukum dari pihak penggugat atau Pengacara Dersrizal yang duduk di tempat kursinya melangkah ke depan hakim yang sedang membacakan pertimbangan putusan.

Humas PN Jakarta Pusat Makmur mengungkapkan, D adalah kuasa hukum dari Tomy Winata untuk perkara No 223/Pdt.G/2018/PN Jkt.Pst yang melawan pihak tergugat PT Geria Wijaya Prestige (GWP) dan kawan-kawan. Sekonyong-konyong, D menarik ikat pinggangnya, kemudian tali ikat pinggang tersebut digunakan atau dijadikan sarana melakukan penyerangan kepada majelis hakim yang sedang membacakan putusan penyerangan tersebut.

“Sempat mengenai ketua majelis hakim dalam hal ini HS pada bagian jidat,” jelas Makmur, Kamis (18/7/2019).

“Sabetan” tali ikat pinggang tersebut juga sempat mengenai hakim anggota 1 yaitu hakim DB. Setelah itu, pelaku diamankan dan kondisi terakhir berdasarkan penjelasan dari pihak keamanan PN Jakarta Pusat yang bersangkutan telah diamankan di Polsek Kemayoran. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di ruang Subekti Lantai 3 PN Jakarta Pusat.

“Untuk selanjutnya penyelesaian atau tindak lanjut PN Jakpus terhadap kejadian ini. Sementara berlangsung koordinasi antara pimpinan PN Jakarta Pusat dengan yang mulia Bapak Ketua Mahkamah Agung untuk menentukan sikap bagaimana tindakan selanjutnya,” ungkap Makmur.

Perkara tersebut sudah diregistrasi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sejak 17 April 2018. penggugat Tomy Winata meminta agar pengadilan menghukum para tergugat untuk membayar utang berikut bunga dan denda kepada penggugat sebesar 31.705.182,55 dolar AS.

Polsek Metro Kemayoran membenarkan ihwal kejadian tersebut dan pihaknya telah menangkap pelaku penganiayaan. “Iya tadi sore ada peristiwa pemukulan hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pelaku langsung kami amankan,” tutur Kapolsek Kemayoran Komisaris Polisi (Kompol) Saiful Anwar.

Terkait kronologis insiden tersebut, Syaiful tak menjelaskan lebih rinci. Kasus tersebut saat ini ditangani oleh Polres Metro Jakarta Pusat. “Saat ini diurus Polres Jakarta Pusat ya, pelaku ada di Polres Jakarta Pusat,” ucapnya.

Syaful juga tak memerinci lebih lanjut identitas pengacara yang melakukan pemukulan. Ia hanya menyebut orang yang melakukan pemukulan berprofesi sebagai pengacara. “Masih didalami, itu pengacara,” tuturnya. (ant)

Komentar telah ditutup.