Ditjen Pajak Diusulkan Setingkat Menteri

indopos.co.id – Mantan Ketua Pembahasan Undang-Undang Perpajakan Rizal Djalil mengaku telah berkirim surat terbuka ke Presiden. Yakni terkait pajak. Hal itu dimaksudkan supaya penerimaan pajak meningkat.

“Saya menulis surat terbuka kepada Presiden. Sebagai Mantan Ketua pembahasan Undang-Undang perpajakan itu, kalau mau meningkatkan sektor pajak, harus jadi badan tersendiri,” ujar Rizal, di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Pria yang saat ini menjebat sebagai Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), mencontohkan Badan Narkotika Nasional (BNN). Karena narkoba sudah darurat, BNN dibawah Presiden. “Nah pajak sebagai soko guru penerimaan negara, kenapa masih dibawah menteri,” ujar Rizal.

Dia lantas membeberkan data tax ratio 2010-2018. Menurutnya, yang menurun itu penerimaan pajaknya. “Tetapi PNBP dan royaltinya naik saya apa adanya, sehingga evaluasinya jelas. Ini bisa karena persoalan makro atau global atau persoalan mikro, di dalam negeri. Sudah seharusnya Ditjen Pajak jadi badan sendiri, yang merupakan sokoguru pembangunan kita, pajak harusnya jadi badan sendiri.Jadi kalau dengan badan, semua lebih cepat, mau rekut pegawai dan sebagainya,” jelas Rizal.

Dia lantas mengatakan, pada 2007, semua fraksi di DPR RI sudah sepakat. “Drektorat Pajak (Ditjen) Pajak jadi Badan Penerimaan Pajak,” pungkasnya. (dai)

Komentar telah ditutup.