Penyelenggara World Dubai Expo 2020 Perlu Belajar dari Shanghai Expo 2010

indopos.co.id – Pada rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (13/8/2019) mengenai persiapan Indonesia mengikuti World Dubai Expo 2020, Jokowi menyampaikan agar penempatan lokasi stan harus strategis, jangan di belakang atau di dekat toilet.
“Bukannya menarik pengunjung justru malah bikin malu!” sebut Jokowi di Jakarta, Selasa (13/8/2019).
Bukan tanpa sebab Jokowi berpesan demikian, karena pada World Expo 2015 di Milan, Italia, stan Indonesia berlokasi tepat di sebelah toilet umum yang besar. Waktu itu Pemerintah tidak terlibat dalam penetapan lokasi dikarenakan inisiasi awal bukan dilakukan oleh pihak Pemerintah, sampai pada akhirnya Pemerintah juga turut ikut menjadi Komisioner Jenderal dalam hal memperoleh kemudahan pajak.
Kondisi tersebut sangat merugikan posisi stan Indonesia saat itu. Namun akhirnya Pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta secara gotong royong dan kerja keras sehingga dapat mengubah kondisi tersebut menjadi cerita sukses bagi Indonesia.
Seharusnya hal itu tidak perlu terjadi. Andai semua pihak mau mengambil hikmah dari pengalaman pada World Expo 2010 di Shanghai, Tiongkok, dimana saat itu persiapan sangat matang dan didukung penuh oleh Pemerintah dan swasta.
Di rapat tersebut, Jokowi menginginkan Indonesia harus bisa menampilkan desain-desain yang bagus di Dubai Expo. Untuk penempatan stan, Jokowi minta lokasinya harus strategis, jangan di belakang atau dekat toilet. Bukannya menarik pengunjung justru malah bikin malu.
“Yang sering saya sampaikan, jangan sampai kita salah pilih lokasi, lokasi di tempat di belakang, malah dekat toilet, misalnya. Kalau seperti itu tidak usah ikut malah malu. Kita ingin membangun sebuah trust, membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah image tapi kita tidak dapat apa-apa,” kata Jokowi.
World Expo adalah Event ketiga terbesar di dunia setelah Piala Dunia dan Olimpiade. Pada even ini Indonesia berpotensi untuk menarik investasi, perdagangan dan pariwisata. Indonesia telah mengikuti kegiatan World Expo semenjak 2005, di Aichi Jepang, World Expo 2010 di Shanghai, Tiongkok dan terakhir World Expo 2015 di Milan, Italia.
Berharap pesan Jokowi yang secara tegas disampaikan tidak terulang seperti di World Expo Milan, maka Indonesia dapat unggul di World Expo 2020 Dubai. (vit)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.