Lo Ban Teng, Aliran Kungfu asal Tiongkok yang Membumi di Indonesia

indopos.co.id – Seni belah diri di Indonesia tumbuh subur.  Beragam aliran berbeda menyajikan kebaragaman yang cukup unik. Kekayaan ini menjadikan Indonesia semakin dilirik. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah aliran Lo Ban Teng.  Aliran yang yang di kembangan Lo Bang Teng ini telah tersebar di seluruh Indonesia.  ”Ilmu bela diri dari kakek saya yang sudah dari tahun 1928,” ujar Louis Susilo ketua GM Lo Banteng Ngo Cho Kun Assn Indonesia di main lobby Emporium Mall Pluit  Minggu (25/6/2019).

Pria yang memiliki nama Lo Hak Tiang mengemukakan Lo Ban Teng datang dari Tiongkok, provinsi Hok Kian pada 1927 dan singgah pertama kali di Semarang, sebelum akhirnya menetap hingga akhir hayat di Jakarta. ”Namanya pake nama almarhum kakek saya, Lo Ban Teng. tersebar boleh dibilang ada semua. Surabaya, semarang, solo, manado, Bogor, Jakarta,” ceritanya.

Lo Ban Teng telah mengajarkan ilmu bela diri Ngo Cho Kun kepada dua putranya: GM Lok Siau Gok (almarhum) dan Lo Siau Tjun (almarhum). Keduanya telah mengembangkan ilmu bela diri Ngo Cho Kun sampai ke dunia internasional melalui keikutsertaannya melalui ajang-ajang pertandingan internasional.  Aliran memiliki kesamaan dengan kungfu namun ada  gerakan yang berbeda.”Memang ada mainan yang geberan, kocokan badan, itu yang jarang ditemukan kungfu-kungfu lain dan lebih terkenal pukulannya,”katanya

Mengenang dan menghormati jasa dan ajaran almarhum Grand Master Lo Ban Teng. Beragam ilmu kanuragan disuguhkan dalam pertemuan akbar GM Lo Banteng Ngo Cho Kun Assn Indonesia. (ash)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.